Pendaftar Posisi Kepala Dusun di Desa Margasana, Jatilawang Terjauh dari Cilacap

Pendaftar Posisi Kepala Dusun di Desa Margasana, Jatilawang Terjauh dari Cilacap

Seleksi tertulis pengisian kepala dusun I dan II Desa Margasana dilaksanakan di Purwokerto, Sabtu (21/10/2023).-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tes tertulis untuk pengisian posisi dua kepala dusun di Desa Margasana, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten BANYUMAS dilaksanakan pada Sabtu (21/10/2023). Dengan total peserta 16 orang, pendaftar terjauh berasal dari Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap.

Tim fasilitator Kecamatan Jatilawang, Drs. Seksiyanto mengatakan, dari 16 peserta tes tertulis tersebut, 10 orang bersaing untuk posisi kepala dusun I dan enam orang untuk posisi kepala dusun II. Dilaksanakan pada salah satu kampus swasta di Purwokerto, dari hasil tes tertulis terjaring lima peserta yang lolos ke tes komputer.

"Dua orang untuk kepala dusun I dan tiga orang untuk kepala dusun II," katanya.

Seksiyanto menjelaskan, untuk asal pendaftar mayoritas berasal dari Kabupaten Banyumas dan hanya satu orang yang berasal dari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.

BACA JUGA:Pendaftaran Kepala Dusun I Desa Karangkemiri, Karanglewas, Banyumas Dibuka Pekan Depan

BACA JUGA:Hari H Pencoblosan Pilkades Serentak di Banyumas, Tidak Ditetapkan Sebagai Hari Libur

Sesuai Peraturan Bupati terkait pengisian perangkat desa, seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dapat mendaftar sebagai perangkat desa di Banyumas.  Adapun kekosongan dua kepala dusun di Desa Margasana dikarenakan memasuki masa purna tugas.

"Passing grade dari desa awalnya memghendaki 65. Kami dari fasilitator menyarankan agar diturunkan menjadi 60," terang dia.

Disinggung mengenai pemilihan lokasi tes tertulis dan komputer di Purwokerto, pertimbangannya dari beberapa lokasi tes yang telah disurvei oleh panitia, satu kampus swasta di Purwokerto menjadi yang paling siap.

Ini untuk mengurangi risiko terjadinya kecurangan. Dari panitia, baru memutuskan lokasi tes tertulis H-2 sebelum pelaksanan tes dan mengumumkan kepada peserta baru di H-1.

"Dari beberapa lokasi yang disurvei termasuk di Ajibarang, kampus di Purwokerto paling siap," pungkas Seksiyanto. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: