Tahu Gimbal, Makanan Khas Legendaris Semarang yang Wajib Dicoba

Tahu Gimbal, Makanan Khas Legendaris Semarang yang Wajib Dicoba

Tahu Gimbal-Ayo Semarang-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Semarang sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah  tentu menyimpan banyak sekali makanan khas. Tak terkecuali tahu gimbal yang sudah ada sejak abad ke-19 di Semarang.

Tahu gimbal telah lama memberikan nuansa gurih yang nikmat di lidah orang Semarang dan secara luas karena selalu jadi buruan wisatawan.

Penasaran dengan tahu gimbal yang meliputi sejarahnya? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Wingko Babat, Populer di Semarang Namun Asli Dari Lamongan!

BACA JUGA:Padma Hotel Semarang, Hotel Elite di Ibu Kota Jawa Tengah!

Sejarah Tahu Gimbal

Tahu gimbal merupakan hidangan tradisional yang diperkirakan sudah populer di kota Semarang sejak abad ke 19. Penamaan gimbal sendiri memiliki makna menggumpal atau dalam bahasa Jawa berarti kempel.

Seiring perkembangan zaman, tahu ini disebut sebagai tahu gimbal karena dianggap mirip dengan rambut gimbal. Hingga saat ini tahu gimbal masih menjadi bagian dari kebudayaan kuliner yang dimiliki oleh Semarang.

Jenis tahu yang digunakan untuk membuat tahu gimbal yakni jenis tahu pong atau tahu kopong yang dalamnya kosong. Namun sekarang tahu gimbal sudah menggunakan tahu yang relatif padat isinya.

Proses Pembuatan Tahu Gimbal

Tahu gimbal terbuat dari tahu yang dipotong kotak-kotak dengan ukuran kecil yang sudah dipastikan teksturnya empuk. Berikutnya gimbalnya terbuat dari makanan sejenis peyek yang terbuat dari adonan tepung tipis dan ditaburi udang yang digoreng.

BACA JUGA:Hotel Murah di Dekat Stasiun Semarang, Bisa Jalan Kaki Dari Tawang dan Poncol!

BACA JUGA:Rekomendasi Hotel Low Budget di Semarang, Dijamin Hemat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: