Asal-Usul Kue Lapis Legit, Pada Masa Kolonial Belanda Namanya Spekkoek

Asal-Usul Kue Lapis Legit, Pada Masa Kolonial Belanda Namanya Spekkoek

Asal-Usul Lapis Legit, Pada Masa Kolonial Belanda Namanya Spekkoek-cookpad.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Asa-usul Kue lapis legit bermula dari dibawa oleh orang-orang Belanda ke Indonesia, pada saat itu mempunyai nama Spekkoek.

Kue tersebut kemudian mendapat pengaruh dari penduduk lokal. Dan sekarang lapis legit menajdi salah satu kue basah tradisional khas Indonesia. Rasanya yang khas dan legit, digemari banyak orang.

Sejarah Kue Lapis Legit

Kue Lapis legit ini dekambangkan pertama kali di masa pemerintahan Kolonial Belanda. Mulanya kue Lapis Legit mempunyai nama lain, adalah spekkoek, yang memiliki arti adalah kue daging babi.

BACA JUGA:Segarnya Tahu Masak, Kuliner Khas Cilacap yang Menggoda!

 

BACA JUGA:Resep Soto Ayam Lamongan, Kuliner Kuah Segar dari Jawa Timur

Walaupun arti dari kue tersebut adalah kue daging babi, tetapi kue ini tidak ada unsur-unsur terbuat dari daging babi. Lalu, kenapa dinamakan seperti itu? Karena bentukya yang berlapis-lapis mirip dengan lemak babi.

Makanan khas kue Lapis Legit memiliki aroma yang khas. Terbuat dari berbagai macam rempah yang sangat disukai oleh orang-orang Eropa, seperti rempah kapulaga, kayu manis, cengkeh, bunga pala, dan adas manis.

Setalah mendapatkan pengaruh di Indonesia, masyarakat Indonesia mulai memodifikasi bahan-bahan kue Lapis Legit, dengan menambahkan rempah-rempah yang ada di Indonesia, yang cocok dengan lidah masyarakat lokal.

Seiring perkembangan zaman, kue yang semula memiliki nama kue daging babi beralih menjadi bernama kue Lapis Legit, karena memiliki rasa yang manis dan mempunyai banyak lapis.

BACA JUGA:Resep Lontong Balap, Kuliner Khas Surabaya yang Jualannya Sambil Lari

 

BACA JUGA:Kuliner Ekstrim di Indonesia yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Kalangan orang China, kue lapis legit menjadi salah satu sajian yang wajib pada suatu perayaan tahun baru imlek. Mereka mempercayai, semakin banyak lapisan kue lapis, semakin banyak juga diberikan rezeki yang mereka dapat.

Teknik Pembuatan Kue Lapis Legit

Teknik yang dilakukan dalam pembuatan lapis legit tergolong sulit, karena metode yang digunakan untuk membuat kue ini yang berlapis-lapis. Pembuatan kue lapis ini harus melewati proses perlapisan 18-23 kali secara bertahap dan tidak boleh buru-buru.

Proses pembuatan kue lapis legit ini membutuhkan waktu yang  cukup lama, sekitar 4-6 jam proses pembuatan.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Nagasari, Kue Tradisional Berbahan Dasar Pisang

BACA JUGA:Kue Nopia Banyumas: Kue Tradisional dengan Rasa Khas Banyumas

Saat proses pelapisan, pembuat kue lapis legit tidak boleh dibiarkan atau ditinggalkan, harus tetap dipantau dengan teliti, supaya tidak ada gelembung di tiap lapisannya ketika memanggang. Tujuannya agar menghasilkan lapisan yang sempurna.

Memakai Bahan Dasar Premium

Untuk membuat kue lapis legit membutuhkan telur mencapai sekitar 30-40 butir. Jumlah telur yang dipakai itu, tidak menghasilkan banyak kue lapis legit, tetapi hanya cukup jadi satu loyang kue lapis legit.

Tidak sedikit pula pedagang kue lapis legit yang menggunakan telur ayam kampung untuk proses pembuatan kue lapis legit. Untuk memberikan rasa yang lebih gurih. Oleh karena itu, pedagang lapis legit lebih memilih telor ayam kampun daripada telor ayam biasa.

BACA JUGA:Ini Sob!, Kue Lebaran yang Selalu Bikin Kangen

BACA JUGA:Pecinta Ketan Wajib Tau! Olahan Kue Ketan Cocok Untuk Lebaran

Pemasaran kue Lapis Legit

Dengan bahan -bahan yang digunakan untuk kue lapis legit sebanyak itu, dan proses pembuatan kuenya yang membutuhkan waktu yang cukup lama, dan juga perlu keahlian khusus untuk membuat kue lapis legit. Kue lapis legit tergolong cukup mahal harganya.

Di Indonesia, harga satu loyang lapis legit bisa dibanderol ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dibalik harga semahal itu, ada proses pembuatan yang sangat menguras tenaga, waktu, dan memerlukan bahan-bahan yang begitu banyak. Dan banyak kalangan konsmen yang puas dengan rasanya yang legit. Bahkan banyak kalangan konsumen berebut mencari kue lapis legit untuk kebutuhan berbagai macam acara, walaupun harganya tergolong mahal.

Nah, itu dia asal-usul makanan khas kue lapis legit, beserta sejarahnya, proses pembuatan kueanya,  dan bahan-bahan yang dibuthkan untuk pembuatannya, dan juga harga dari kue lapis legit ini. Juga alasan mengapa makanan khas kue lapis legit ini banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: