Tips Merawat Motor Agar Tidak Turun Mesin, Banyak yang Menghiraukannya!

Tips Merawat Motor Agar Tidak Turun Mesin, Banyak yang Menghiraukannya!

Tips Merawat Motor Agar Tidak Turun Mesin-Suzuki-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Zaman sekarang motor semakin banyak. Hasrat untuk membeli kendaraan ini terus meningkat di Indonesia. Hal tersebut tentu harus seimbang dengan informasi mengenai tips merawat motor agar tidak turun mesin.

Bagaimana tidak, turun mesin merupakan upaya dari bengkel untuk kondisi motor yang rusak relatif parah  sehingga harus melepas mesin dari rangkanya. Turun mesin juga punya proses yang lama sehingga motor harus menginap di bengkel.

Untuk berbagai kasus kerusakan yang mengharuskan turun mesin, tentu biayanya tidak murah. Mulai dari harga sparepart hingga ongkos mekaniknya.

Motor turun mesin punya faktor utama karena ada masalah pada mekanisme perputaran mesin, penyebabnya adalah tidak melakukan perawatan berkala secara rutin.

Tanda-tanda motor harus turun mesin yakni motor hilang tenaga disertai suara mesin yang kasar, knalpot keluar asap putih pekat terus menerus, bahkan motor mogok dan sulit dinyalakan lagi.

Lantas, bagaimana tips merawat motor agar tidak turun mesin? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Tips Memiliki Kulit Wajah Cerah ala Cewek Korea

BACA JUGA:Tips Pilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Kamu

Tips Merawat Motor Agar Tidak Turun Mesin

Ada banyak sekali tips merawat motor agar tidak turun mesin. Namun Radarmas akan merangkumnya menjadi yang beberapa tips terpenting agar motor tetap sehat.

Tips merawat motor agar tidak turun mesin yang pertama yakni rutin mengganti oli. Hal ini seringkali disepelekan oleh kaum hawa yang bahkan banyak video viral di TikTok di mana motor si perempuan kehabisan oli.

Oli sangat vital bagi motor dengan fungsi utama mendinginkan mesin dan mengurangi gesekan pada dalaman mesin motor. Selain itu, oli juga bisa melapisi komponen mesin agar tidak terjadi korosi.

Jika kalian tidak rutin mengganti oli jika lupa sampai olinya habis maka motor bisa gancet dan banyak sparepart yang terluka karena gesekan sehingga menimbulkan kebul pada asap knalpot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: