Tips Bermain Skateboard Aman untuk Pemula

Tips Bermain Skateboard Aman untuk Pemula

Tips Bermain Skateboard untuk Pemula-sidewalk magazine-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jika sudah bosan sepedaan, gym, atau olahraga lainnya, kamu bisa coba kegiatan satu ini, yaitu bermain skateboard. Bisa juga dijadikan alternatif hobi yang seru dan tidak membosankan.

Jenis olahraga ekstrem ini juga bisa buat lho keliatan swag banget dan keren di mata cewek-cewek. Ketika bermain skateboard, kegantenganmu sekan menginkat drastis.

Sebelum kamu memantapkan diri untuk belajar bermain skateboard, kamu harus memahami dulu risiko dan tekniknya. Sebab, olahraga ini berisiko tinggi, jangan asal main. Kalau tidak hati-hati, pergelangan kaki kamu bisa cidera akibat jatuh, atau parahnya bisa sampai patah tulang.

Biar badan kamu bisa luwes dan jago bermanuver melakukan berbagai trik skate layaknya seorang profesional, diperlukan latihan yang rutin dan jam terbang yang tinggi. kamu bisa belajar lewat internet, youtube, atau bisa minta ajarin temanmu yang jago bermain skateboard.

BACA JUGA:Tips Mengecilkan Perut Buncit Pria, Bisa Tanpa Olahraga Berat!

 

BACA JUGA:Mulai 10 Maret, IBL akan Jadi Turnamen Olahraga Pertama di Masa Pandemi

Tips Skate Aman untuk Pemula

Belajar Jaga Keseimbangan

Bermain skateboard tidak sekedar melaju dan memainkan papan beroda. Di dalamnya ada beragam aspek yang harus dikuasai ketika bermain skateboard. Mulai dari belajar jaga keseimbangan sebagai latihan paling dasar.

Latihan pertama adalah latihan berdiri di atas dengan stabil. Ada dua teknik berdiri yang bisa kamu pilih sesuai kekuatan kaki: reguler (kaki kiri di depan) dan goofy (kaki kanan di depan).

BACA JUGA:Olahraga Kardio Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet

 

BACA JUGA:Tingkatkan Prestasi Olahraga Banyumas, Milad UMP Gelar Kejuaraan Futsal 

Meski terlihat simpel, nyatanya menjaga keseimbangan di atas papan beroda yang licin tidak semudah yang dibayangkan.

Pilih Papan Skate yang Pas dengan Ukuran Kaki dan Badan

Di dunia skateboard, ada 2 ukuran papan skate atau disebut skateboard deck yang fungsinya beda-beda. Ada longboard yang asik dipakai buat meluncur di jalanan, dan ada juga shorter board yang enak dipakai bermanuver di arena skatepark yang ada bowl atau poolnya.

Untuk harganya cukup bervariatif. Ada yang Rp 200 ribuan sampai jutaan. Khusus kamu yang masih pemula, cukup beli yang ratusan ribu dulu.

BACA JUGA:Tips Mengecilkan Perut Buncit Pria, Bisa Tanpa Olahraga Berat!

BACA JUGA:Contoh Olahraga Kardio: Punya Banyak Manfaat!

Kalau sudah pro dan ingin lebih berniat serius di hobi ini, baru beli skate yang harganya mahalan sdikit dan berkualitas.

Kenakan Outfit Lengkap

Poin ini sangat penting. Selain belajar dasar dan memilih skate yang tepat, pakaian juga sangat penting yang berguna untuk melindungi tubuh kamu ketika jatuh.

Pakailah t-shirt dan celana panjang yang nyaman, agar tidak terluka saat terjatuh. Lebih bagus lagi, kamu pakai helm, serta pelindung lutut dan siku. 

Teknik Dasar Skateboard

Melaju

Teknik satu ini adalah teknik yang paling gampang. Yaitu melaju, berupa belajar maju ke depan. Meski terdengar konyol, faktanya, kamu memang harus belajar teknik melaju dulu. Itu tiak semudah yang kamu lihat.

Di sini, kamu harus punya keseimbangan yang baik dan kepercayaan diri ketika berada di atas papan skateboard. Kalau sudah mulus dan lancar dalam latihan melaju, baru ke step berikutnya. 

Ollie

Ollie adalah cara bermain skaterboard selanjutnya yang perlu kamu kuasai, terutama pemain pemula. Kalau kamu belum bisa teknik ollie, kamu juga tidak akan bisa melakukan teknik kickflip, pop-shove, heelflip.

Lalu bagaimana cara melakukan teknik Ollie? Caranya yaitu mengangkat papan dengan menghentakkan kaki ke ujung papan sampai terangkat tinggi. Semakin halus atau effortless gerakan, artinya kamu sudah semakin jago bermain skateboard.

Kickflip

Kalau udah jago teknik ollie, berarti kamu sudah siap berlatih teknik kickflip satu ini. Secara simpel, cara melakukan teknik kickflip adalah membuat papan skateboard berputar dan kembali ke posisi semula lewat hentakan kaki.

Cukup berdiri di atas papan dan meletakkan kaki kanan kamu ke depan (45 derajat) dan kaki belakang di ujung papan. Tekuk lutut kanan, injak ujung belakang papan sampai terangkat tinggi, gesekkan ujung sepatu kanan di atas papan, dan lompat saat papa lo mulai terbalik. Latihan kickflip emang rumit. Tapi dengan mentor yang tepat, dan kegigihan lo, lo pasti bisa.

Heelflip

Teknik ini mirip banget dengan kickflip. Bedanya putaran papan di kontrol oleh tumit, bukan kaki depan. Buat sebagian orang mengatakan, kalau teknik ini dianggap lebih mudah ketimbang teknik kickflip. Juga ampuh buat memikat perhatian cewek. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: