Pos Damkar Cilacap Idealnya Punya 7 Pos, Saat Ini Baru Miliki 4 Pos Damkar

Pos Damkar Cilacap Idealnya Punya 7 Pos, Saat Ini Baru Miliki 4 Pos Damkar

Petugas Pos Damkar Cilacap saat melakukan pengecekan armada, saat ini baru terdapat 4 Pos Damkar se Kabupaten Cilacap, 20 Agustus 2023 lalu.-Dok Julius/Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Luasan wilayah Kabupaten Cilacap dengan jumlah penduduk mencapai 1,9 Juta jiwa tidak dibarengi dengan jumlah Pos Pemadam Kebakaran yang memadai. Sehingga banyak kasus kebakaran yang terjadi tidak tertangani oleh tim Damkar.

Kepala Satpol PP Kabupaten Cilacap Luhur Satrio Muchsin mengatakan, idealnya dengan jumlah penduduk serta wilayah yang luas mestinya Kabupaten Cilacap memiliki 7 Pos Damkar.

"Sekarang kita baru memiliki 4 Pos Damkar yaitu Pos Damkar Kroya, Cilacap, Sidareja dan Pos Damkar Majenang, padahal kita mestinya ada 7 Pos Damkar," katanya Kepada Radarmas, Senin 16 Oktober 2023.

Menurut Kasatpol, kekurangan 3 Pos Damkar tersebut idealnya akan diletakkan di Kecamatan Jeruklegi untuk mengampu wilayah Kawunganten, Bantarsari dan Gandrungmangu. Kemudian di Kecamatan Sampang untuk mengcover wilayah Kesugihan, Maos dan Adipala.

BACA JUGA:Cincin Susah Dilepas, Warga Kelurahan Donan, Cilacap Minta Bantuan Damkar

BACA JUGA:Kabupaten Cilacap Masih Kekurangan Pos serta Armada Damkar

"Kalau satu Pos nanti idealnya akan ditempatkan di lokasi pegunungan seperti wilayah Cipari dan Karangpucung, cuma untuk realisasinya kita tetap ajukan melalui APBD," lanjutnya.

Kekurangan jumlah Pos Damkar tersebut akan berpengaruh pada respon penanganan kejadian karena jarak lokasi dengan Pos Damkar terlalu jauh sehingga banyak peristiwa kebakaran yang tak tertangani.

"Terutama di wilayah pegunungan jika terjadi kebakaran di lokasi itu biasanya kita terlambat menangani, itu akan menjadi perhatian kami," pungkasnya.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: