Tips Memulai Karier Sebagai Desainer Grafis

Tips Memulai Karier Sebagai Desainer Grafis

Tips Memulai Karier Sebagai Desainer Grafis -vokasi unair-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Belakangan ini, porfesi sebagai Desainer Grafis semakin diminati oleh banyak perusahaan, baik itu perusahaan besar, maupun perusahaan startup.

Dengan kata lain, mungkin kamu ingin menjadi seorang desainer grafis, tapi masih bingung bagaimana cara mewujudkannya. Lewat artikel ini ada beberapa tips untuk memulai karier sebagai desainer grafis.

Tentang Desainer Grafis

Sebelumnya, apasih desainer grafis itu? Secara sederhana, desainer grafis  adalah profesi yang bertugas untuk memvisualisasikan ide-ide yang ada di kepala ke dalam sebuah produk visual.

BACA JUGA:Rekomendasi HP untuk Desain Grafis

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Tematik UMP Beri Pelatihan Desain Grafis dan Videografi

Dalam produk visual itu, diselipkan informasi atau pesan yang akan disampaikan kepada user. Untuk spesialisnya, desainer grafis ada berbagai macam sekali cabangnya, seperti Illustrator, UI/UX, Motion Graphic, Advertising, dan lain-lain.

Prospek Karier Desainer Grafis

Seiring perekembangan zaman, profesi sebagai desainer grafis sangat diperlukan oleh banyak orang. Sekarang zaman serba digital, maka dari itu banyak sekali perusahaan baru atau lama yang ingin mengemas brand-nya secara visual.

Bukti lainnya dari desainer grafis ini sangat diminati oleh banyak orang, karena dilihat dari banyaknya permintaan desain. Perusahaan apapun itu, pasti membutuhkan desain seperti logo desain, kartu nama, sampai desain post Instagram yang menarik. Melihat dari itu, bisa dipastikan kalau prospek sebagai desainer grafis terus berkembang.

BACA JUGA:Senang Desain Grafis

BACA JUGA:Desainer Muda Banyumas Hasilkan Karya Pakaian Batik Bersama Kaum Difabel, Ditampilkan di BFF 2023

Tanggung  Jawab Desainer Grafis

Secara umum, tanggung jawab dari desainer grafis adalah mampu menyampaikan informasi atau pesan yang sudah dikonsep dalam bentuk visual kepada user. Jadi, dari awal tentunya desainer grafis sudah menentukan konsep yang matang untuk mentransformasikan pesan atau gagasan menjadi sebuah tampilan visual.

Tidak hanya itu, profesi ini juga harus sering berkomunikasi dengan klien terkait apa yang klien inginkan. Terlepas dari itu semua, tanggung jawab sebagai seorag desainer grafis yang harus dilakukan secara rutin adalah terus belajar dan selalu mengikuti tren-tren desain dari waktu ke waktu

Skill yang Harus Dimiliki Desainer Grafis

BACA JUGA:'Cilacap In Fashion' Wadah Bagi Desainer Batik Lokal Untuk Tingkatkan Karya

BACA JUGA: Kepo Tren Fesyen 2023? Begini Bocoran dari Desainer

Salah satu cara untuk menjadi seorang desainer grafis profesional adalah mengetahui soft skill dan hard skill apa yang dibutuhkan, ketika menjadi seorang desainer grafis dan menguasainya.

Hard skill yang harus dikuasai adalah paham bagaimana mengoperasikan dan tools design di aplikasi design, seperti Adobe Photoshop, Adober Illustrator, Adobe Indesign, Figma, Adobe XD, CorelDraw, dan lain-lain.

Sebagai tambahan skill yang kamu kuasai ketika menjadi seorang desainer grafis yaitu layout, tipografi, serta illustrasi.

Kemudian, untuk beberapa softskill yang harus kuasai ketika menjadi seorang desainer grafis :

BACA JUGA:Liontin Evangelina Setiawan-Habis Membalap, Ingin Jadi Desainer

BACA JUGA:Rahadian Hari Desainer Mascot Pilkada, Pilih Dawet Ayu agar Partisipasi Pemilih Tinggi

Kreativitas

Sebagai seorang yang bekerja di industri kreatif di bidang desain, tentu penting sekali untuk memiliki kreativitas tinggi dalam membuat desain yang unik. Tanpa kreativitas, tentu kamu akan sulit bersain dengan kompetitor desain lainnya yang memiliki kekreativitasan yang tinggi.

Komunikasi

Selain kreativitas, skill komunikasi juga penting untuk menjadi seorang desainer grafis. Karena, profesi ini selain mementingkan kreativitas, juga akan selalu berhubungan dengan klien dan menjelaskan elemen-elemen dari desain.

BACA JUGA:Bupati Purbalingga Minta Desainer Purbalingga yang Tembus Paris Fashion Week Motivasi Desainer Lokal

BACA JUGA:Desainer Anne Avantie Buat Heboh Netizen, Fitting Baju Pengantin Billy Syahputra dan Amanda Manopo

Tips menjadi seorang Desainer Grafis

1. Mengikuti perkembangan desain

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dunia desain akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, cara sederhana untuk menjadi desainer grafis adalah mampu bersaing dengan mengikuti perkembangan tren desain.

2. Belajar ilmu desain grafis

Saat ini banyak sekali platfrom-platfrom yang menyediakan kursus online terkait desain grafis. Selain belajar dari kursus online, kamu juga bisa belajar dari video YouTube ataupun informasi apapun yang ada di internet terkait desain grafis. Sederhananya lagi, ketika kamu mempunyai teman bekerja dibidang ini, jangan sungkan untuk belajar dengannya.

3. Buat portofolio

Portofolio adalah senjata utama ketika kamu ingin menjadi seorang desainer grafis. Soalnya, kebanyakan klien akan melihat hasil karyamu dan pengalamanmu dulu di bidang desain grafis sebelum membuat kesepakatan. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: