Mudah Sekali, Inilah 3 Cara Mengetahui Aplikasi Boros Baterai di Android Anda

Mudah Sekali, Inilah 3 Cara Mengetahui Aplikasi Boros Baterai di Android Anda

Ilustrasi HP-pexels-teddy-yang-2531582-pexels

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Di era smartphone ini, satu masalah yang hampir semua pemilik ponsel Android alami adalah konsumsi daya baterai yang cepat. Satu penyebab umum dari masalah ini adalah aplikasi boros baterai

Namun jangan khawatir, karena ada cara mudah untuk mengenali aplikasi-aplikasi tersebut dan mengatasi masalah konsumsi baterai yang tinggi. 

Berikut tiga cara sederhana untuk mengidentifikasi aplikasi boros baterai di ponsel, sehingga Anda dapat menikmati penggunaan ponsel yang lebih efisien dan memperpanjang masa pakai baterai.

1. Fitur Apps di Pengaturan 

Tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga, saat ini pengguna android sudah bisa mengidentifikasi aplikasi boros baterai. Bagaimana caranya? Jawabannya ada dalam pengaturan bawaan android. 

BACA JUGA:6 Rekomendasi HP Untuk Live Streaming Terbaik 2023, Baterai Aman & Anti Lemot

BACA JUGA:Tips Agar Baterai Smartphone Awet

Pengguna bisa dengan mudah mengetahui aplikasi boros baterai melalui opsi Apps tanpa perlu mengecek ke Battery Usage. Langkah-langkah adalah sebagai berikut. 

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan di ponsel Anda
  2. Scroll layar ke bawah untuk menemukan opsi Apps
  3. Ketuk menu 'Apps', kemudian akan muncul sejumlah aplikasi yang terinstall di ponsel Anda
  4. Pilih aplikasi apa yang ingin diketahui pemakaian baterainya
  5. Ketuk aplikasinya, kemudian akan ada opsi Usage yang berisi rincian terkait baterai, pemakaian mobile data, memory, dan juga storage
  6. Pada opsi Baterai inilah Anda bisa mengetahui aplikasi boros baterai dengan melihat jumlah pemakaian baterai di aplikasi tersebut. Jumlahnya berkisar 1%, 2%, hingga 5%. 

2. Fitur Battery Usage

Battery Usage merupakan fitur yang bisa ditemukan di semua tipe ponsel Android. Fitur ini termasuk perangkat bawaan yang memungkinkan Anda melihat data statistik mengenai konsumsi baterai oleh aplikasi yang dipasang di ponsel Anda. 

Dengan melakukan cara tersebut, Anda dapat melacak aplikasi boros baterai mana yang paling banyak menghabiskan daya baterai, sehingga nantinya Anda bisa mengambil tindakan yang sesuai. 

BACA JUGA:Agar Baterai HP Awet, Ikuti Tips Ini Sob

BACA JUGA:Begini Sob Agar Baterai HP Lebih Awet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: