Jadi Primadona, DLH Bakal Tambah Spot Tabebuya di Jalan Bung Karno Purwokerto

Jadi Primadona, DLH Bakal Tambah Spot Tabebuya di Jalan Bung Karno Purwokerto

MEKAR : Pohon bunga Tabebuya di Jalan Gerilya Purwokerto mulai mekar, Kamis (12/10/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tabebuya, si kuning yang mempesona saat ini sedang cantik-cantiknya. Musim kemarau menjadi waktu yang tepat bagi tanaman dengan nama latin Handroanthus chrysotrichus, untuk berbunga.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas, berencana menanam tanaman asal Brazil itu di Jalan Bung Karno. Setidaknya diperlukan sekitar 200 Tabebuya, untuk bisa menghiasi kana kiri jalan baru itu.

"Kita coba pemetaan lokasi dulu, untuk melihat kebutuhannya. Memang ada rencana untuk kita tanam di Jalan Bung Karno," kata Subkoordinator Pemeliharaan RTH DLH Kabupaten Banyumas Supriyatno.

Saat ini Tabebuya ia sebut, mudah di jumpai di Jalan Sudirman dan Gerilya. Di dua jalan itu, Tabebuya saat ini tengah mekar sempurna.

BACA JUGA:Perbaikan Pot Tabebuya Dilanjutkan Tahun Depan

BACA JUGA:Tabebuya di Kota Purwokerto Bermekaran, Jalan di Kota Dibuat Berciri Khas Bunga

"Pohonnya tidak terlalu tinggi, jadi perawatannya lebih mudah. Kalau kemarau ini keluar bunga. Kalau kemarau justru lagi bagus-bagusnya," ucapnya.

Untuk rencana penanaman Tabebuya di Jalan Bung Karno ia sebut, akan dilakukan secara bertahap. Selain itu ia menjelaskan, untuk kawasan jalan baru itu saat ini masih ada kegiatan pembangunan.

"Itu masih proses pembangunan, karena kawasan disana belum selesai pembangunannya," terangnya.

Untuk tanaman tabebuya sendiri saat ini pihaknya baru mempunyai 100 bibit. Dari bibit sampai bisa merekah sempurna, setidaknya perlu waktu dua sampai tiga tahun.

BACA JUGA:Bunga Tabebuya Tidak Mekar Bersamaan

BACA JUGA:Pot Rusak, Pohon Tabebuya Banyak yang Miring

"Kita berencana juga akan mengganti pot-pot tabebuya yang sudah rusak. Kemarin baru kita cat," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: