Keindahan Alam Banda Neira yang Harus Kamu Ketahui

  Keindahan Alam Banda Neira yang Harus Kamu Ketahui

Keindahan alam Banda Neira yang harus kamu ketahui -Wikipedia-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jangan mati sebelum ke Banda Neira, adalah pepatah yang banyak beredar. Tidak tanpa alasan, karena Banda Neira itu cantik banget dari sisi pemandangannya.

Kalau ngomong soal keindahan pulau Banda Neira, tidak perlu diragukan lagi. Dari mulai keindahan laut sampai keindahan daratannya. Bukan cuma keindahan alamnya, di Banda Neira juga ada bangunan-bangunan bersejarah.

Sebelum menyebut wisata apa saja yang ada di Banda Neira, ada satu fun fact yang kamu harus tahu. Banda Neira ini adalah penghasil buah pala terkenal di dunia. Saking terkenalnya, bangsa Eropa dulu rela datang ke Banda Neira hanya untuk memperoleh rempah pala.

Saking indahnya alam Banda Neira, sampai diabadikan di mata uang rupiah, pada pecahan mata uang rupiah Rp 1.000 edisi 2016, terdapat gambar dari Banda Neira. Gambar tersebut terletak di bagian belakang uang rupiah pecahan 1000, bersamaan dengan gambar Tari Tifa dan Bunga Anggrek Larat yang juga menjadi indentitas wilayah maluku.

BACA JUGA:7 Festival Unik yang Jadi Daya Tarik Wisatawan di Seluruh Dunia

BACA JUGA:Wisata Jogja yang Harus Dikunjungi untuk Healing

Keindahan Alam Banda Neira

 

 

Setelah kamu tahu fun dact satu ini, saatnya eksplor apa saja wisata-wisata yang bisa dikunjungi di Banda Neira. Dijamin kamu akan dibuat terpukau ketika melihat keindahan wisata di Banda Neira, mulai dari wisata alamnya hingga wisata sejarahnya.

1. Benteng Blegica

Benteng Belgica merupakan benteng VOC yang dibangun di atas sebuah bukit, sebelah barat daya Pulau Neira, dan berletak di ketinggian 30 meter di permukaan laut.

BACA JUGA:Wisata Alam Instagramable yang Menenangkan, Kemit Forest Cilacap

BACA JUGA:Menikmati Alun-Alun Purwokerto, Wisata yang Penuh Sejarah di Tengah Kota Satria

 

Benteng yang dibangun pada tahun 1611 ini dugunakan untuk pusat pertahanan. Uniknya, pada setiap sisi menara, kamu bisa menikmati pulau-pulau di sekitar Pulau Neira, seperti Banda besar, Gunung api, dan indah laut Banda.

2. Istana Mini Neira

Istana ini dibangun oleh VOC sebagai tempat tinggal Gubernur VOC, hingga menjadi satu-satunya bangunanbesar dan megah di pulau ini. Di depan istana, Terhampar pantai biru yang jernih dan Pulau Banda Besar.

3. Gunung Api Banda

BACA JUGA:Taman Pintar Yogyakarta , Wisata Edukasi Menarik Untuk Anak Anda!

BACA JUGA:Havana Hills, Tempat Wisata Menyenangkan di Cilacap!

Gunung indah di Banda ini adalah sebuah gunung berapi, Gunung api ini masih aktif dan memiliki  ketinggian 656 mdpl, atau 1955 kaki, gunung indah yang tak terlalu tinggi untuk di daki, hanya menempuh 2 jam untuk sampai kepuncak gunung, kalian kalau kesini sudah pasti seperti melihat surga dari ketinggian.

4. Rumah Pengasingan bung Hatta

Obyek Wisata sejarah ini juga jangan sampai kalian lewati sob, Rumah Pengasingan Wakil Presiden pertama di Indonesia dan sutan syahrir, sekaligus mereka adalah pahlawan bangsa. Di sinilah beliau diasingkan karena membangkang terhadap pemerintah kolonial Belanda, sengaja diasingkan agar sikapnya melunak Kepada Belanda, namun usaha itu sia-sia.

Saat ini Rumah Pengasingan Bung Hatta ini Dijadikan Sebagai Cagar Budaya dari Maluku Oleh Kemendikbud Maluku. Hebat ya, pahlawan-pahlawan bangsa kita.

BACA JUGA:Wisata Alam Instagramable yang Menenangkan, Kemit Forest Cilacap

BACA JUGA:10 Negara Bebas Visa Bagi Paspor Indonesia, Kemudahan Berwisata Keliling Dunia

5. Lava Flow

Banda Neira memiliki puluhan spot untuk snorkeling atau diving yang sangat indah. Kecantikan dunia bawah laut di kepulauan ini tidak usah diragukan lagi, begitu indahnya hingga kita dibuat kagum.       

 Dari banyaknya spot menyelam, ada satu spot yang paling menarik yaitu Lava Flow. Spot menyelam ini memiliki terumbu karang dan biota laut yang masih alami, juga menjadi habitat lion fish.

Ada masih banyak lagi spot spot yang indah di Banda Neira, Banda Neira ini adalah sebuah mahakarya yang indah dari tuhan, dari setiap sudut manapun kita pasti akan dibuat kagum oleh Banda Neira. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: