750 Pemilih Tuna Netra di Purbalingga Bakal Gunakan Template Khusus

750 Pemilih Tuna Netra di Purbalingga Bakal Gunakan Template Khusus

Sosialisasi Pemilu untuk penyandang Disabilitas pada tahun lalu oleh KPU Purbalingga.-DOK AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PURBALINGGA menjawab keinginan para pemilih dari penyandang disabilitas, khususnya tuna netra. Mendatang, ada 750 penyandang tuna netra di Kabupaten PURBALINGGA saat pemungutan suara, menggunakan template itu agar membantu mereka memahami yang akan dipilih.

Komisioner KPU Kabupaten Purbalingga, Zamaahsari, Kamis 12 Oktober 2023 menjelaskan, template hanya difasilitasi pada pemungutan suara Pilpres dan DPD. 

Alat khusus ini memuat tulisan khusus, di bagian atas tertulis judul surat suara. Kemudian kotak calon terpilih, dimana dalam setiap kotak terdapat nomor dan nama calon dengan huruf latin dan huruf braille.

BACA JUGA:Pembangunan Aula di Komplek Kecamatan Sumpiuh Batal

BACA JUGA:Warga Desa Pagedangan Purbalingga Manfaatkan Biogas Kotoran Sapi untuk Memasak

“Prinsipnya, untuk kaum disabilitas, penyelenggara wajib memberikan fasilitasi maupun kemudahan dalam pemungutan suara. Sejak pemilu 2014, 2019 hingga mendatang 2024, masih sama,” rincinya.

Fasilitasi lainnya juga harus disiapkan seperti, lokasi TPS harus memfasilitasi kursi roda bisa masuk dengan mudah dan fasilitas lain yang memudahkan penyandang disabilitas.

"Sedangkan jumlah total daftar pemilih tetap dari penyandang disabilitas ada 5.693 orang, terdiri dari berbagai jenis disabilitas, termasuk tunanetra," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: