Pengembangan Puskesmas I Wangon, Banyumas Diusulkan Tukar Guling Dengan Lahan Kantor Desa Wangon

Pengembangan Puskesmas I Wangon, Banyumas Diusulkan Tukar Guling Dengan Lahan Kantor Desa Wangon

erada persis disebelahnya, untuk pengembangan Puskesmas I Wangon diusulkan tukar guling dengan Kantor Desa Wangon.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten BANYUMAS mengusulkan untuk pemgembangan Puskesmas I Wangon, dengan tukar guling Kantor Desa Wangon. Hal itu disampaikan dalam konsultasi publik kesatu penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Wangon pada Rabu (11/10/2023).

Sub Koordinator Seksi Sarana dan Prasana Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Banyumas, Sukamto mengatakan, kondisi Puskesmas I Wangon saat ini sudah kurang representatif. Diantarnya fasilitas lahan parkir puskesmas yang sempit. Pintu masuk antara rawat jalan dan rawat inap menjadi satu dengan jumlah pasien per hari sekitar 120 pasien untuk rawat jalan.

"Poli rawat jalan kondisinya kalau kita masuk ke dalam sangat sempit dan pengab sekali," katanya.

Sukamto menjelaskan, dengan kondisi tersebut, pada tahun 2022 pihaknya melakukan dialog dengan Kepala Desa Wangon yang pada intinya dari Dinas Kesehatan berkeinginan melakukan tukar guling.

BACA JUGA:Penyusunan RDTR Perkotaan Wangon, Banyumas, Peruntukkan Sebagian Wilayah Desa Klapagading Untuk Perumahan KPR

BACA JUGA:Enam Desa Masuk Rencana Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Wangon

Gambarannya, Kantor Desa Wangon menempati lokasi eks Kantor Kecamatan Wangon. Sedangkan Kantor Desa Wangon dipakai untuk pengembangan Puskesmas I Wangon. 

"Alhamdulillah kepala desa dan perangkatnya menyetujui," ungkapnya.

Dikatakan, dalam diskusi publik kesatu penyusunan RDTR kawasan perkotaan Wangon, pihaknya meminta dukungan kepada dinas teknis, unsur legislatif dan pihak Kecamatan Wangon terkait tindaklanjut tukar guling tersebut ke depan. 

"Mudah-mudahan ke depan segera bisa terealisasi," pungkas Sukamto. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: