Mengenal Teknologi AI yang Mengubah Kehidupan Manusia

Mengenal Teknologi AI yang Mengubah Kehidupan Manusia

Mengenal teknologi Artificial Intelligence, teknologi mengubah kehidupan kita-geeksforgeeks-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Google assistant atau Siri di HP kamu berguna untuk membantu mencari sesuatu informasi. Dan pemakaian ChatGPT, bisa membantu untuk menemukan ide tulisan.

Nah, itu adalah salah satu contoh dari banyak sekali kecerdasan buatan datau yang disebut Artificial Intelligence (AI). Dikenal teknologi yang mempunyai potensi besar untuk mengubah kehidupan manusia.

Secara umum, teknologi AI merujuk pada program komputer yang dirancang oleh seseorang untuk meniru kecerdasan manusia, seperti pengambilan keputusan logika, dan karakteristik manusia. Ilmuwan Komputer, Professor John McCarthy yang diketahui menjadi tokoh yang memperkenalkan konsep AI pada tahun 1956.

Teknolgi AI telah digunakan oleh berbagai aplikasi search engine, sepertti SIRI, Google Assistant, dan Cortana, dan ChatGPT. Selain itu, tingkat pengembangan teknologi AI saat ini sangat mengagumkan, seperti salah satunya adalah penggunakan teknologi AI self drive atau auto pilot pada kendaraan mobil tesla. Di mana memungkinkan mobil tesla melaju tanpa campur tangan manusia.

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Gaming Harga 2 Jutaan yang Terbaru!

BACA JUGA:Rekomendasi HP Keluaran Tahun 2023 untuk Live Streaming Terbaik

Peran Teknologi AI pada Kemajuan Berbagai Sektor

 

 

Artificial Intelligence juga memiliki potensi yang besar untuk memajukan dalam sektor apapun, sektor pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan, ketahanan militer, dan reformasi birokrasi.

Di dunia pendidikan penggunaan Artificial Intelligence bisa membantu pelajar dalam belajar sendiri, memungkinkan mereka hidup dan bekerja serta mandiri di masa depan.

Berikut peran teknologi AI bagi kehidupan manusia :

BACA JUGA:Samsung Merilis HP Militer yang Tangguh

BACA JUGA:Wow! 100 Kali Lebih Cepat dari 5G, Teknologi 6G Diprediksi Hadir 2030

 

 

Artficial Intellingence di Sektor Kesehatan

Di bidang  kesehatan, inovasi teknologi AI digunakan untuk mempercepat kebutuhan dan keperluan medis, dan mempercepat pelayanan pada pasien.

Selain itu Artificial Intelligence di sektor kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengunjungi dokter.

Artificial Intelligence di Sektor Ketahanan Pangan

BACA JUGA:Peluang Investasi Bidang Teknologi Terbuka di Cilacap

BACA JUGA:Mesin Batik Berteknologi Bernama Butimo ada di Gedung Dekranasda Banyumas, Mudah Bikin Klowong

Artificial Intelligence di sektor ketahanan pangan, Artificial Intelligence dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi wilayah yang sudah terjangkau oleh listrik dan yang belum terjangkau.

Di sektor ketahanan pangan Artificial Intellingence juga dapat mengidentifikasi jenis tanaman yang cocok ditanam di berbagai wilayah, dan memprediksi hasil panen dari masing-masing tanaman.

Artificial Intelligence di Sektor Reformasi Birokrasi

Di bidang reformasi birokrasi, pemanfaatan Artificial Intelligence  adalah pengembangan ChatBot yang mempermudah pelayanan komunikasi dua arah secara akurat dengan masyarakat selama 24 jam. Hal ini juga membantu meningkatkan efisiensi pelayanan serta mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan informasi layanan publik.

BACA JUGA:Samsung Pimpin Teknologi Foldable Smartphone Dengan 4 Inovasi Ini

BACA JUGA:Wow! 100 Kali Lebih Cepat dari 5G, Teknologi 6G Diprediksi Hadir 2030

Artificial Intelligence di sektor kepolisian

Di kepolisian, Artificial Intelligence sedang dikembangkan untuk pengembangan smart city dan pengenalan wajah atau face recognition. Ada juga yang dikembangkan oleh Startup Artificial Intelligence asli Indonesia adala Nodeflux, dan sudah digunakan polri lewat Program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Artificial Intelligence di sektor militer

Di bidang militer, dikuti dari laporan Rand Corporation yang berjudul Military Applications of Artificial Intelligence, Artificial Intelligence dibutuhkan untuk menyediakan bantuan robotik di medan pertempuran, yang dapat membuat pasukan mempertahankan atau melebarkan kapasitas tempur, tanpa perlu meningkatkan jumlah pasukan.

Artificial Intelligence di sektor otomotif

Di bidang otomotif Artificial Intelligence digunakan untuk meningkatkan keaman dalam kendaraan dan membuat inovasi terbaru di kendaraan transportasi, seperti auto pilot, sistem auto break ketika ada sesuatu yang berbahaya di depan, dan alarm pengingat ketika kita mengantuk atau tidak fokus dalam berkendara. Yang akhirnya Artificial Intelligence di otomotif membuat kendaraan transportasi terlihat lebih canggih.

Dan masih banyak lagi Artificial Intelligence berperan penting dalam sektor manapun, kita sebagai masyarakat  harus juga bijak menggunakan Artificial Intelligence ini, jangan sampai membuat Artificial Intelligence ini dijadikan sebagai alat untuk melakukan tindakan kriminal, gunakanlah teknologi Artificial Intelligence untuk mencari informasi dan inovasi, gunakan untuk bantuan belajar untuk kalian yang masih sekolah. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: