Makanan Korea yang Sering Nongol di Drakor, Bikin Ngiler!

Makanan Korea yang Sering Nongol di Drakor, Bikin Ngiler!

Deretan makanan yang sering muncul dalam adegan drama Korea.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebagai pencinta drakor atau drama Korea, kamu pasti sudah tidak asing dengan berbagai jenis makanan Korea. Karena hampir setiap drakor selalu menampilkan berbagai makanan khas Korea.

Ya Korea, khususnya Korea Selatan memang kental dengan kulinernya. Bahkan beberapa kuliner saat ini sudah mendunia dan menjadi favorit masyarakat.

Lalu apa saja makanan Korea yang terkenal itu? Inilah deretan makanan Korea yang sering nongol di drakor yang dijamin bikin ngiler:

1. Ramyeon

Pernah dengar dialog "Ramyeon meokgo gallae"? dialog tersebut dalam masyarakat Korea merupakan cara mengajak pasangan lawan jenis ini untuk makan ramyeon  bersama dalam konteks ajakan yang romantis. 

BACA JUGA:Handphone Samsung Layar Lipat yang Sering Muncul di Drakor, Bikin Pengin!

BACA JUGA:Ini Manfaat Positif Menonton Drakor yang Wajib Diketahui

Ramyeon adalah mie instannya Korea. Sama halnya seperti mie instan Indonesia, ramyeon juga memiliki banyak varian rasa mulai dari yang pedas, gurih, hingga rasa seafood. 

Makan ramyeon Korea tentunya belum lengkap kalau belum ditambahkan telur dan juga daun bawang.

Namun, yang unik dari masyarakat Korea adalah, mereka biasa memakan ramyeon langsung dari pancinya, dan biasanya menggunakan panci berbahan alumunium.

2. Kimchi

Kimchi menjadi makanan khas Korea selanjutnya yang sering muncul di dalam drakor. Alasannya yaitu memang karena kimchi merupakan menu wajib bagi masyarakat Korea Selatan. 

BACA JUGA:Rekomendasi Drakor yang Seru untuk Ditonton Bareng Bestie

BACA JUGA:Sejarah dan Resep Kerak Telor, Makanan Betawi Paling Kesohor yang Wajib Dicoba!

Oleh karena itu, adegan makan dalam drama juga sering sekali menampilkan hidangan kimchi, baik sebagai makanan utama maupun pendamping.

Kimchi sendiri yaitu makanan tradisional Korea dengan bahan dasar sayur hasil fermentasi yang kemudian dibumbui bubuk cabai pedas dan terkadang jenis kimchi berbeda-beda tergantung dari bahan sayurannya. 

Jenis sayur yang sering dipakai untuk membuat Kimchi adalah sawi putih dan lobak. Namun ada juga kimchi yang membuat kimchi dengan bahan dasar kubis atau kol, timun, daun perilla, cabai, kucai dan sawi hijau.

3. Tteokbokki

Makanan yang sering muncul di drakor selanjutnya adalah tteokbokki. Makanan yang merupakan kategori jajanan Korea ini memiliki bahan dasar tepung beras.

BACA JUGA:Deretan Pilihan Drakor Bertema Saeguk, Romantisme Sejarah yang Bisa Bikin Kamu Baper

BACA JUGA:Ini Manfaat Positif Menonton Drakor yang Wajib Diketahui

Biasa dimasak dengan saus gochujang yang rasanya pedas manis. Tepung beras yang digunakan berbentuk bulat memanjang atau pendek-pendek.

Tteokbokki sudah menjadi makanan khas masyarakat Korea sejak era Dinasti Joseon dan bahkan sudah disajikan di Istana Kerajaan. Namun bukan dengan saus pedas seperti saat ini tetapi dengan saus dari kecap yang memiliki rasa manis dan gurih. 

Perubahan tteokbokki dari saus kecap menjadi pedas ini dimulai pascaperang Korea dari seorang warga di kawasan Sindang Dong yang kemudian membuat kawasan Sindang-dong di Seoul dikenal sebagai tempat makan tteokbokki.

4. Korean Chicken

Makanan yang satu ini sebenarnya bukan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun fried chicken ini terasa berbeda dan bikin ngiler ketika para oppa dan eonnie di drama-drama Korea yang memakannya.

BACA JUGA:Hendak Berkunjung ke Korea Selatan? Inilah Tips dan Rekomendasi Memilih Hotel di Seoul!

BACA JUGA:Rekomendasi Variety Show Korea yang Lucu dan Sangat Menghibur

Fried chicken yang satu ini adalah ayam goreng Korea tepung crispy ini memiliki beberapa varian rasa, seperti manis, pedas dan gurih dan hampir selalu muncul pada adegan drama Korea.

5. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon adalah mi yang disajikan dengan saus pasta kacang kedelai hitam  dan racikan sausnya biasanya ditambahkan dengan bawang merah cincang, timun Jepang dan daging atau seafood. 

Jjajangmyeon terinspirasi dari makanan China yaitu Zhajiangmian. Berawal dari mulai banyak orang Korea yang menyukai makanan ini dan semakin populer tepatnya setelah perang Korea yaitu sekitar pertengahan tahun 1950.

Semakin lama jjajangmyeon pun kian populer dan bahkan menjadi hidangan favorit masyarakat yang singgah ke Incheon.

Itu tadi deretan makanan Korea yang sering nongol di drakor yang dijamin bikin kamu ngiler. Apalagi, hampir di setiap serial drama Korea dalam genre apapun, selalu diselipkan dengan adegan makan yang bikin perut ikut keroncongan. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: