Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi yang Perlu Kamu Perhatikan

Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi yang Perlu Kamu Perhatikan

Kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi yang harus kamu perhatikan sebelum membeli brand tersebut.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Merk Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita. Karena sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan brand asal Tiongkok ini.

Xiaomi adalah perusahaan elektronik yang didirikan di Tiongkok pada tahun 2010 silam. Saat ini, produk-produk Xiaomi sudah bisa dibilang mendunia atau go international. 

Tidak hanya handphone, Xiaomi juga memproduksi banyak perangkat elektronik lain seperti camera, kipas angin, air purifier, microphone, TV, blender, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri Xiaomi sangat populer dan banyak digunakan terutama di kalangan menengah.

Kali ini kita akan fokus membahas handphone Xiaomi, dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi yang wajib kamu ketahui.

BACA JUGA:Handphone Samsung Layar Lipat yang Sering Muncul di Drakor, Bikin Pengin!

BACA JUGA:Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 Menghadirkan Fleksibilitas dan Keserbagunaan Tanpa Kompromi

Kelebihan HP Xiaomi :

1. Harga Murah

Kelebihan HP Xiaomi yang pertama adalah pastinya soal harganya yang murah dab terjangkau. Handphone Xiaomi memiliki harga yang beragam tergantung dari seri, tipe, dan spesifikasi yang dimilikinya. 

Perusahaan elektronik dari Tiongkok ini umumnya menawarkan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan merek lain meskipun memiliki spesifikasi yang serupa.

Bahkan pada tahun 2018 lalu, Xiaomi Global secara blak-blakan menegaskan bahwa mereka tidak mengambil keuntungan yang besar karena mereka menyesuaikan dengan target pasar mereka, yaitu menengah kebawah. 

Meskipun harganya relatif rendah, tapi bukan berarti kualitas produk Xiaomi buruk atau murahan. Bahkan handphone Xiaomi memiliki desain modern yang dirancang untuk cukup cantik dan tak kalah menarik dengan brand lain.

BACA JUGA:Keunggulan AdaptiveSync di Redmi 10

BACA JUGA:Xiaomi Luncurkan Redmi 10, Jagoannya Smartphone Entry-Level dengan Quad Camera 50MP

2. Garansi

Kelebihan HP Xiaomi yang kedua adalah garansi, dimana Xiaomi memberikan garansi berbeda dengan garansi handphone biasanya yaitu selama 2 tahun. Dengan garansi 2 tahun ini mereka yakin dan percaya bahwa handphone yang mereka produksi memiliki kualitas apik dan tidak murahan terlepas adanya kesalahan produksi.

3. Terus Berinovasi

Kelebihan HP Xiaomi selanjutnya yaitu soal inovasinya. Perkembangan Xiaomi bisa dibilang termasuk cepat. Hanya butuh waktu sekitar 13 tahun, Xiaomi sudah memiliki banyak tipe produk.

Xiaomi juga menjadi panutan di perkembangan dunia teknologi dimana Xiaomi menjadi salah satu perusahaan yang masuk ke dalam daftar perusahaan paling inovatif di tahun 2016.

Tidak hanya inovatif dalam soal produk, Xiaomi juga inovatif pada cara pemasarannya. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Xiaomi akan bergerak menuju pasar kelas atas.

BACA JUGA:5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Xiaomi Pad 5

BACA JUGA:Xiaomi Pad 5 Tawarkan Pengalaman Visual dan Audio Memukau, Siap Jadi Tablet Favorit Semua Orang

4. MIUI

Kelebihan HP Xiaomi yang kelima adalah soal MIUI. MIUI sendiri adalah sistem operasi dengan basis Android yang dikembangkan oleh Xiaomi dan juga hanya dimiliki oleh handphone Xiaomi.

Kekurangan HP Xiaomi :

1. Iklan

Kekurangan HP Xiaomi yang pertama adalah soal iklan. Karena Xiaomi tidak banyak mengambil keuntungan, mereka menggunakan cara lain untuk mendapatkan dana yaitu dengan adanya iklan yang muncul dalam handphonenya.

Namun sebenarnya iklan yang muncul tidak terlalu mengganggu karena merupakan bagian dari MIUI. Tapi bagi sebagian orang mungkin sangat disayangkan jika sudah membeli handphone harga jutaan namun terdapat iklan di dalamnya. Munculnya iklan itu sendiri sebenarnya juga relatif tergantung pada seri dan jenis handphone apa yang dibeli.

2. Harga Jual Rendah

Kekurangan HP Xiaomi yang selanjutnya yaitu soal harga jual yang rendah. Harga jual handphone Xiaomi second atau bekas termasuk rendah karena mengalami penurunan yang bisa dibilang lumayan jauh.

Sebenarnya hal tersebut perlu dilihat kembali intensitas pemakaian dari pengguna sebelumnya dan juga kondisi komponen yang di dalam handphone tersebut. Adanya faktor lain seperti dikarenakan handphone seri lama seringkali tidak dapat mendukung aplikasi yang lebih baru.

BACA JUGA:Masih Punya Dua Smartphone? Ini Tandanya Kamu Harus Ganti ke Galaxy S23 Series 5G!

BACA JUGA:Samsung Pimpin Teknologi Foldable Smartphone Dengan 4 Inovasi Ini

Namun, ketika kamu akan membeli handphone Xiaomi second, kamu perlu berhati-hati karena harganya yang dapat dibilang rendah menjadikan banyak penipu yang memanfaatkan kesempatan ini.

Baik handphone baru maupun second, handphone Xiaomi dapat didistribusikan secara illegal, dan hal itu menyebabkan pembelinya tidak mendapatkan garansi. Makanya kamu perlu untuk mencari toko terpercaya yang menjual produk second berkualitas.

3. Kompetitor Lebih Kuat

Kekurangan HP Xiaomi yang terakhir adalah soal perbandingannya dengan competitor di pasar Indonesia. Jika bicara soal handphone pasti yang langsung terlibtas dibenak kamu tidak jauh-jauh adalah brand Apple atau Samsung untuk Android kelas atas, dan Oppo kelas menengah.

Namun itu bukan berarti Xiaomi tidak terkenal, hanya saja mereknya kurang kuat dibanding yang lain.

Itu tadi beberapa kelebihan, kekurangan, serta fitur khusus dan spesial dari Xiaomi. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membeli handphone Xiaomi? (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: