6 Wisata di Kebumen yang Harus Dikunjungi

6 Wisata di Kebumen yang Harus Dikunjungi

6 Wisata di Kebumen yang Harus Dikunjungi-jalan jalan makan makan-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kabupaten Kebumen adalah salah satu wilayah di provinsi Jawa Tengah. Kebumen berada wilayah jalur pantai selatan yang menjadi salah satu rute mudik lebaran.

Kebumen pun memiliki banyak tempat wisata, seperti wisata alam dan wisata sejarah. Mayoritas wisata kebumen adalah wisata alam seperti goa, air terjun, dan sebagainya.

Rekomendasi Wisata di KebumenB

Berikut ini adalah 6 wisata di Kebumen yang harus kamu kunjungi ketika ke sini.

BACA JUGA:Pendapatan Wisata Kebumen Tembus Miliaran Rupiah Selama Libur Lebaran 2022

BACA JUGA:Gading Paradise Kebumen, Wisata Lokal Nuansa Eropa

 

 

1.  Pantai Menganti

Pantai menganti merupakan salah satu wisata pantai yang ada di kebumen, Jawa Tengah. Wisata Pantai Mengantu ini merupakan jajaran pantai selatan yang mempunyai pemandangan indah.

Lokasi Pantai Menganti ini berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Wisata Pantai  Menganti memiliki spot untuk melihat indahnya sunset dan sunrise. Oleh karena itu, Wisata Pantai Menganti menjadi pilihan wisatawan ketika mengunjungi Kebumen.

2.  Benteng Van Der Wijck

BACA JUGA:Berburu Wisata: Pedal Pedia Road Kebumen, Bersepeda Sambil Mengenalkan Potensi 

BACA JUGA:Kembangkan Wisata di Utara Kebumen

 

 

Wisata sejarah Benteng Van Der Wijck ini dulunya didirikan sebagai kantor Kongsi Perdagangan VOC, dan memiliki keunikan tersendiri ketika dilihat dari bangunannya.

Pada tahun 2000, pengelola swasta membuka benteng ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di kebumen yang ikonik.

Lokasi Wisata Benteng Van Der Wijck ini sekitar 20 km di sebelah barat ibu kota Kabupaten Kebumen. Berlokasi di Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Sidayu Tengah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

3. Curug Plumbon

BACA JUGA:Nippers Balawisata Kebumen Kenalkan Wisata Aman di Pantai

BACA JUGA:Wisata Kalibuntu Berubah Nama Jadi Kaliratu

 

Curug Plumbon merupakan wisata curug yang ada di Kabupaten Kebumen. Wisata curug plumbon ini terdiri dari dua tingkat dengan batuan kali yang bertumpuk. Kolam di antara undakan air tersebut dapat digunakan untuk berenang dan ditemani pemandangan hijau di sekililing  curug plumbon.

Lokasi wisata Curug Plumbon berada di antara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Masyarakat sekitar biasanya menyebut curug ini adalah Curug Kali.

4.  Gua Petruk

Gua Petruk merupakan wisata gua yang paling dijaga kealamiannya, Hingga pengelola sepakat untuk tidak memasang penerangan di dalam Gua Petruk.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Kebumen, Asyik dan Hits untuk Liburan

BACA JUGA:Menjelajahi Keindahan Bukit Jerit Kebumen, Surga Tersembunyi yang Mirip Nusa Penida

Stalaktit dan stalagmit di Gua petruk ini di dominasi oleh bentuk seperti hidung wayang Petruk, untuk melihat stalaktit dan stalagmit di dalam Gua Petruk. Pengunjung dapat memakai headlamp dan helm khusus yang telah disediakan oleh petugas setempat.

Disarankan untuk pengunjung memakai baju anti air ketika berkunjung ke wisata Gua Petruk, karena ada banyak genangan air disana.

Wisata Gua Petruk ini Berada di Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

5. Bukit Jerit

BACA JUGA:Pasir Putih Pantai Menganti Kebumen, Tempat Asyik untuk Menikmati Sunrise dan Sunset

BACA JUGA:SAGARA view of Karangbolong Kebumen: HTM, Rute, Fasilitas, Lokasi, Informasi Terbaru 2023

Wisata Bukit Jerit adalah salah satu surga yang ada di Kebumen untuk wisatawan pecinta alam. Dari puncak bukit jerit, kamu bisa menikmati hamparan bukit hijau, sekaligus menikmati pemandangan pantai pamuran yang berbatasan dengan samudra hindia.

Bukit Jerit berada di Desa Ketanggung Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bukit Jerit ini salah satu lokawisata yang dikelola oleh warga setempat dan bekerjasama dengan LMDH. 

6.  Gua Jatijajar

Wisata Gua Jatijajar ini selain menyuguhkan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang indah dan alami, juga memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Tidak seperti Gua petruk yang benar-benar dijaga alaminya, di gua ini kamu bisa menyaksikan dioarama dan duduk-duduk di kursi yang tersedia.

Keindahan stalaktit dan stalagmit pun terlihat semakin menawan dengan sorotan lampu berbagai macam warna.

Lokasi Gua ini berada di Jalan Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Kawasan Gua ini mulai buka pada jam 07.30  - 16.00 WIB.

Harga tiket untuk masuk ke Gua Jatijajar hanya merogoh kocek sekitar Rp 12.500 - Rp 50.500 per orang. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: