Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Mengajukan KUR Mandiri

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Mengajukan KUR Mandiri

Kesalahan yang harus dihindari saat mengajukan KUR Mandiri.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -  Kredit Usaha Rakyat atau KUR Mandiri merupakan salah satu solusi finansial yang dapat membantu pemilik usaha mikro kecil mandiri atau UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. KUR Mandiri sendiri memiliki banyak kelebihan, sepeti bunga rendah & proses pengajuan yang relatif mudah. 

Namun, sama seperti pengajuan kredit lainnya, ada beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat mengajukan KUR Mandiri agar dapat menghindari masalah di kemudian hari. Berikut adalah kesalahan umum yang harus dihindari saat mengajukan KUR Mandiri:

1. Tidak mempersiapkan dokumen dengan lengkap

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mengajukan KUR Mandiri adalah kamu harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap. Dokumen-dokumen tersebut sangat penting karena akan menjadi dasar evaluasi bank dalam menilai kelayakan kamu sebagai peminjam.

Saat akan meminjam KUR Mandiri pastikan bahwa kamu telah menyiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi akta nikah atau surat cerai jika kamu sudah menikah atau bercerai.

BACA JUGA:Ini Bunga dan Syarat Pengajuan KUR Mandiri September 2023, Cocok untuk Modal Pengembangan Usaha

BACA JUGA:Tenor dan Syarat Pengajuan KUR BSI 2023

Selain itu kamu juga harus menyiapkan pas foto terbaru calon debitur dan pasangan, surat IUMK atau Izin Usaha Mikro dan Kecil, NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak jika limit kredit yang kamu pinjam di atas Rp 50 juta, dan yang terakhir kamu harus menyiapkan surat keterangan domisili usaha atau surat keterangan usaha lainnya.

Pastikan semua dokumen ini dalam kondisi baik dan tidak ada kesalahan informasi.

2. Tidak memperhatikan syarat pengajuan

Setiap jenis kredit pastinya memiliki persyaratan pengajuan yang berbeda-beda, jadi pastikan bahwa kamu telah memperhatikan syarat pengajuan KUR Mandiri dengan teliti.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu kamu harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan, membuat rencana usaha yang jelas dan terperinci serta menyiapkan jaminan yang diperlukan.

Jika tidak memenuhi salah satu dari persyaratan ini, kemungkinan besar pengajuan akan ditolak.

BACA JUGA:Tips Cepat Agar Pengajuan KUR Cepat Cair, Cocok untuk Mengembangkan Usaha Baru

BACA JUGA:Syarat-syarat KUR BCA 2023, Perhatikan Sebelum Mengajukan Agar Pinjaman Cair

3. Tidak memperhitungkan kemampuan membayar

Ketika mengajukan KUR Mandiri, satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah kamu harus memperhitungkan kemampuan untuk membayar cicilan kredit tersebut.

Agar kamu jangan terjebak dalam ambisi bisnis yang besar sampai-sampai mengabaikan kemampuan finansial, kamu harus mengkalkulasikan dengan baik berapa besar cicilan yang dapat dibayar setiap bulan tanpa mengganggu stabilitas keuangan pribadi kamu.

4. Tidak memperhatikan bunga

Perlu diingat bahwa bunga juga merupakan salah satu faktor penting dalam KUR Mandiri. Sebelum meminjam, pastikan bahwa kamy telah memahami besaran bunga yang akan dikenakan pada kredit.

Jika ada hal yang kamu kurang pahami terkait bunga ini, tidak perlu ragu untuk bertanya kepada petugas bank. Jadi pastikan bahwa tingkat bunga yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan kamu dalam pembayaran.

BACA JUGA:Tabel Angsuran, Bunga, Hingga Persyaratan Pengajuan KUR Bukopin

BACA JUGA:Tabel KUR Pegadaian Syariah, Pinjaman Hingga Rp 10 Juta Tanpa Jaminan

5. Tidak memperhatikan jangka waktu

Setiap KUR Mandiri memiliki jangka waktu pengembalian yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu telah memperhatikan jangka waktu dan memilih yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Maka dari itu hangan terburu-buru saat memilih jangka waktu karena takutnya hal itu akan memberatkan kamu dalam membayar cicilan.

Proses Pengajuan KUR Mandiri

Untuk pengajuan KUR Mandiri, setelah dipastikan bahwa nasabah telah memenuhi semua persyaratan dan menghindari kesalahan umum, maka bank sudah dapat memulai proses pengajuan KUR tersebut.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengajuan biasanya sekitar 7 sampai 14 hari setelah survey lokasi tempat usaha nasabah. Tapi tak jarang proses pengajuan juga dapat memakan waktu lebih lama dari yang dijanjikan karena satu dan lain hal.

BACA JUGA:Kesalahan Fatal yang Membuat Ajuan KUR BSI Anda Tertolak!

BACA JUGA:Praktis dan Efisien, Inilah 5 Cara Bayar Angsuran KUR BRI Tanpa Harus ke Bank

Oleh karena itu, penting untuk nasabah memastikan bahwa dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap dan memenuhi persyaratan agar proses pengajuan berjalan dengan lancar dan cepat.

Dengan memahami syarat-syarat pengajuan dan menghindari kesalahan umum, kamu dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan persetujuan KUR Mandiri dan mengembangkan bisnis kamu dengan baik. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: