Kawasan Jalan Bung Karno Purwokerto Ditata, 88 Hektare Tanah Bakal Dikonsolidasi

Kawasan Jalan Bung Karno Purwokerto Ditata, 88 Hektare Tanah Bakal Dikonsolidasi

DITATA : Kawasan Jalan Bung Karno bakal ditata.-DOK. RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Banyumas, bakal melakukan penataan kawasan Jalan Bung Karno yang akan berwujud penyediaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU).

Upaya tersebut sudah diawali dengan, sosialisasi konsolidasi tanah kawasan Jalan Bung Karno beberapa waktu lalu.

"Konsolidasi kita baru sosialisasi kepada pemilik lahan. Kita masih konsep awal, baru memperkenalkan," kata Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Banyumas M. Abdullah Tsani.

Tsani menuturkan, total lahan yang akan dikonsolidasi sekitar 88 hektar. Dalam proses tersebut nantinya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

BACA JUGA:Penerapan E-Parking di Jalan Bung Karno Purwokerto Bakal Dievaluasi di Akhir Tahun

BACA JUGA:Beredar di Medsos, Sepasang Remaja Diduga Mesum di Taman Edukasi Bawah Jembatan Jalan Bung Karno Purwokerto

"Nanti ada syaratnya, 50 persen pemilik lahan bersedia untuk dilaksanakan konsolidasi," ujarnya.

Untuk tahun ini, pihaknya fokus pada penyusunan dokumen perencanaan. Nantinya untuk konsolidasi lahan sendiri ia jelaskan, merupakan kewenangan badan pertanahan di tingkat kanwil.

"Kita lagi memintakan anggaran kepada mereka. Kita susun dokumen perencanannya. Setelah setuju mengumpulkan data-data lahan," ucapnya.

Menurutnya, konsolidasi lahan tersebut merupakan salah satu upaya untuk penataan kawasan di Jalan Bung Karno. "Lahanya dari pemilik lahan, PSU nantinya yang membangun dari pemerintah daerah," jelasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: