Mengenal Aturan Offside Dalam Sepak Bola, Penjelasan Lengkap!

Mengenal Aturan Offside Dalam Sepak Bola, Penjelasan Lengkap!

Mengenal Aturan Offside Dalam Sepak Bola-Perpustakaan.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.IDSepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling kompleks. Salah satu yang cukup sulit dipahami adalah aturan offside dalam Sepak bola.

Tak salah juga penggemar sepak bola tahu aturan ini agar tidak mudah menghakimi setiap keputusan wasit. Offside merupakan situasi di mana penyerang berada di belakang pemain bertahan lawan saat umpan dari rekannya dilesatkan.

Keadaan ini sering terjadi karena seorang striker terlalu fokus dengan posisi bola, sementara posisinya dihiraukan. Padahal jika tidak terjadi offside, tim yang sedang menyerang berkemungkinan besar mencetak skor.

Bagaimana sebenarnya penjelasan lengkap aturan offside dalam sepak bola? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Pertandingan Ricuh dan Lawan Pilih WO, Persibangga U-17 Gagal Evaluasi Latihan

BACA JUGA:Kali Pagak, Objek Wisata Baru di Desa Pancasan, Ajibarang, Banyumas

Mengenal Aturan Offside Dalam Sepak Bola

Berbagai aturan sepak bola tertuang lengkap dalam Hukum 11 Laws of the Game Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau International Football Association Board (IFAB).

Dalam Hukum 11 Laws of the Game IFAB menjelaskan bahwa offside bukan suatu pelanggaran tetapi memang permainan harus dihentikan lalu pemain yang sedang bertahan mendapatkan tendangan bebas tak langsung.

Posisi offside dianggap menguntungkan bagi tim yang sedang menyerang dan merugikan bagi tim yang sedang bertahan. Karena ketidak adilan itulah tidak sah apabila hingga terjadi gol yang sebelumnya offside.

Offside memberikan dua dampak yang berbeda bagi kedua tim.

Tim yang terperangkap offside tidak jadi mendapatkan peluang, sedangkan bagi tim yang bertahan akan menggagalkan sebuah peluang untuk kebobolan.

Berikut penjelasan rinci mengenai aturan offside dalam sepak bola berdasarkan Hukum 11 Laws of the Game oleh IFAB:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: