Pertimbangkan 8 Hal Ini Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Pertimbangkan 8 Hal Ini Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Ilustrasi Kredit Mobil-Instagram @wixihondamagelang-

Tidak sedikit kredit mobil yang mengharuskan untuk Anda memberikan uang muka atau jaminan. Uang muka termasuk jumlah tunai yang harus dibayarkan di awal atau muka, sedangkan jaminan yaitu aset yang harus diberikan untuk jaminan ketika tidak sanggup membayar angsuran. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan besaran uang muka dan angsuran yang harus Anda bayarkan di setiap bulannya. Perlu untuk diingat, semakin besar jumlah uang muka, maka akan semakin rendah angsuran bulanan yang dibayarkan. 

4. Tingkat Bunga

Salah satu faktor penting ketika kredit mobil yaitu tingkatan bunga. Agar besaran pembayaran setiap bulan dan biaya total lebih rendah, maka calon kreditur harus memilih bunga dengan tingkat yang lebih rendah. Hal yang perlu dipastikan juga oleh calon kreditur yaitu membandingkan tingkat bunga dari beberapa pemberi pinjaman. Tak hanya itu, skor kredit yang dimiliki juga turut mempengaruhi besar kecilnya tingkatan bunga, oleh sebab itu periksa dan perbaiki kembali skor kredit Anda. 

5. Durasi Kredit

Durasi kredit merupakan lama pembayaran kredit mobil yang akan Anda bayarkan. Apabila durasinya lama, maka angsuran yang perlu Anda bayarkan akan semakin rendah. Namun, jika durasi kredit yang dipilih lebih singkat atau pendek, maka angsuran akan semakin besar. Maka dari itu, pilihlah kredit dengan durasi yang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan yang Anda punya. 

6. Asuransi

Hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin mengajukan kredit mobil yaitu biaya asuransi. Pahamilah jenis asuransi yang diperlukan oleh pemberi pinjaman Anda, misalnya asuransi komprehensif maupun berapa banyak biaya asuransi yang dibayarkan Anda. 

BACA JUGA:Ini Keuntungan Menggunakan Dana Pinjaman KUR

BACA JUGA:Kelebihan KUR BRI, Banyak Untungnya!

7. Depresiasi Nilai Mobil

Mobil merupakan aset yang seiring berjalannya waktu kerap mengalami depresiasi nilai. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan bagaimana nilai mobil tersebut akan berkurang selama masa kredit. Hal tersebut penting karena jika suatu saat mobil akan dijual, maka Anda akan mengalami kerugian yang besar apabila nilai mobil turun. 

8. Rencana ke Depan

Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan sebelum kredit mobil yaitu perencanaan untuk kedepannya. Apakah mobil tersebut mempengaruhi kondisi keuangan Anda dalam jangka panjang atau tidak? Apakah mobil tersebut bisa memenuhi kebutuhan Anda dalam jangka panjang? Apakah tetap bisa membayar angsuran beberapa tahun ke depan?

Itulah 8 hal yang perlu Anda pertimbangkan kembali sebelum kredit mobil. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka Anda bisa membuat keputusan yang bijak dan memastikan jika mobil yang Anda kredit menjadi investasi yang sesuai dengan finansial Anda. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: