Resep Membuat Lanting Kebumen Angka 8, Kuliner Legend dari Kebumen

Resep Membuat Lanting Kebumen Angka 8, Kuliner Legend dari Kebumen

Lanting Makanan Khas Kebumen-Indozone Food-https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Ffood.indozone.id%2Fresep%2F941260091%2Fjajanan-lebaran-gurih-oleh-oleh-khas-kebumen-yuk-cobain-lanting&psig=AOvVaw1w9HexIMY-H2gJ42rU4B-9&ust=1695703324849000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CA4QjRxq

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pernah lihat makanan kering dengan bentuk angka 8? Yups, namanya adalah lanting. Olahan yang terbuat dari singkong ini termasuk camilan yang legend banget.

Khusus untuk warga yang tinggal di Jawa Tengah, tentu sudah tidak asing lagi dengan lanting. Lanting merupakan salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang berbahan dasar singkong.

Lanting menjadi buah tangan yang wajib dibawa jika singgah di kawasan Kebumen atau Purworejo. Rasanya yang gurih dan lezat, serta renyah ketika digigit, sangat pas dijadikan camilan bersama teh atau kopi di waktu pagi hari.

Kalau dulu cuma ada satu rasa, sekarang nggak hanya satu rasa saja dan sudah berbagai macam rasa. Lanting mudah dibuat dan rasanya sangat lezat sehingga menjadi jajanan favorit di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Gudeg Bu Anik Pasar Wage, Kuliner Gudeg Asli Banyumas, Cek Menu dan Harganya

BACA JUGA:Menganti Cottage Kebumen, Penginapan Terbaik untuk Menikmati Keindahan Samudera Hindia

Harga Lanting Kebumen

Lanting menjadi salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang paling laris. Harga lanting berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000, tergantung variasi ukuran yang tersedia, atau kamu memilih ukuran mulai dari 500 gram hingga 1 kg

Hampir setiap kabupaten di Pulau Jawa pasti ada yang menjual lanting. Namun, camilan ini sebenarnya berasal dari Kebumen, Jawa Tengah.

Renyahnya bikin lidah bergetar, ini dia resep membuat lanting singkong, buah tangan enak khas Kebumen. Camilan lezat ini sangat mudah disiapkan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hotel Dekat Stasiun Kebumen, Bisa Ditempuh 5 Menit

BACA JUGA:Cerita Mistis Waduk Sempor di Kabupaten Kebumen, Ada Penjaga Ular Raksasa Taksaka !

Cara Membuat Lanting Kebumen

Kalau di daerah lain, banyak yang menyebut lanting dengan klanting. Lalu, seperti apa, ya, cara pembuatan lanting ini? Yuk, kita intip resepnya!

Bahan-bahan

 

Bahan-bahan membuat lanting antara lain adalah:

  • 1 kilogram singkong, kupas kulitnya
  • 4 siung bawang putih
  • garam
  • pewarna (opsional)
  • minyak goreng

BACA JUGA:Penginapan Murah di Kebumen, Cocok Bagi Kalian yang Butuh Tempat Istirahat

BACA JUGA:Cerita Mistis Benteng Van der Wijck di Kabupaten Kebumen, Ada Suara Tentara Berbaris !

Langkah Pembuatan

Berikut ini langkah-langkah pembuatan lanting singkong yang bisa kalian ikuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: