Respon Bencana Kekeringan, Kilang Pertamina Cilacap Salurkan 20 Ribu Liter Air Bersih

Respon Bencana Kekeringan, Kilang Pertamina Cilacap Salurkan 20 Ribu Liter Air Bersih

Tim dari PT KPI RU IV Cilacap saat distribusikan air bersih di Kelurahan Kutawaru, Kabupaten Cilacap pada Kamis (14/9/2023).-PT KPI RU IV Cilacap-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Wujud kepedulian pada warga terdampak bencana kekeringan di beberapa wilayah di Kabupaten CILACAP, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU CILACAP menyalurkan bantuan 20 ribu air bersih. Simbolis penyaluran bantuan dilakukan di halaman Head Office (HO) PT KPI RU IV, Kamis (14/9/2023).

Koordinator Relawan Respon Bencana PT KPI RU IV Cilacap, Sunaryo Adi Putra dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini merupakan donasi berbagai unsur organisasi maupun lembaga internal perusahaan.

"Terimakasih kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan ini. Tahap awal ini terkumpul 20 juta rupiah yang langsung kami belanjakan pengadaan air bersih bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Cilacap," jelasnya.

Adi menyebut sejumlah organisasi dan lembaga yang terlibat dalam Tim Respon Bencana ini antara lain Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK), Persatuan Wanita Patra (PWP), Relawan Pertamina Peduli (Relpi), Baituzzakah Pertamina (Bazma), Badan Dakwah Islam (BDI), Badan Koordinasi Umat Kristiani (Bakor Umkris), dan Koperasi Pekerja Pertamina (Kopama). 

BACA JUGA:Kunjungi Kilang Pertamina Cilacap, Pj Bupati Cilacap: RU IV Cilacap Keren

BACA JUGA:Aktivis Mangrove Binaan Kilang Pertamina Cilacap Raih 2 Penghargaan Penyuluh Kehutanan

"Tim ini selalu respon cepat di setiap ada peristiwa bencana, baik di Kabupaten Cilacap maupun yang berstatus bencana Nasional," imbuhnya.

Senior Manager Operations & Manufacturing (SMOM) PT KPI RU IV, Hermawan Budiantoro dalam sambutan pelepasan tim respon bencana menyebutkan penanganan bencana kekeringan tidak mungkin diserahkan sepenuhnya pada unsur pemerintah. 

"Maka kami dari BUMN terpanggil untuk ikut berpartisipasi dan siap terlibat bersama membantu menanganan permasalahan bencana, termasuk kekeringan saat ini," jelasnya. 

Usai dilepas SMOM, dua armada BPBD Cilacap berkapasitas masing-masing 5.000 liter air bersih selanjutnya menuju titik distribusi di Dusun Cigintung, Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah. Dilanjutkan ke lokasi kekeringan di Desa Kubangkangung dan Kawunganten di Kecamatan Kawunganten. 

Warisah, warga RT 04 RW 10 Dusun Cigintung, Kelurahan Kutawaru, Kabupaten Cilacap mengaku sangat senang dengan pengiriman air bersih yang disebut baru pertama klai merambah wilayah RT-nya. 

"Terimakasih kepada PT KPI RU IV yang sudah memberikan bantuan air bersih. Di tempat kami, air sumur sedikit dan harus diendapkan satu hari dulu sebelum dikonsumsi. Semoga Pertamina selalu diberi keberkahan dan kesehatan," katanya.  

Sementara itu pada tahap pertama ini, penyaluran bantuan air bersih direncanakan selama satu pekan ke depan sampai Rabu (20/9/2023). Tahap kedua dan seterusnya akan dilaksanakan mengacu pada kondisi di lapangan dan koordinasi dengan BPBD Cilacap sebagai leading sector penanganan bencana.(*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: