Gurihnya Cemilan Klanting Banyumas, Tradisi Kuliner yang Lezat

Gurihnya Cemilan Klanting Banyumas, Tradisi Kuliner yang Lezat

Gurihnya Cemilan Klanting Banyumas, Tradisi Kuliner yang Lezat-Tribun Banyumas-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Jika Anda mencari cemilan yang unik dan lezat di wilayah Banyumas, Anda tidak boleh melewatkan cemilan khas yang disebut "Klanting". 

Cemilan Klanting ini adalah bagian tak terpisahkan dari warisan kuliner Banyumas, Jawa Tengah. Artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan kuliner yang memikat melalui sejarah, rasa, dan keunikan Cemilan Klanting Banyumas.

Cemilan Klanting Khas Banyumas

Klanting adalah camilan tradisional yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Klanting merupakan cemilan yang mirip dengan kerupuk yang berbentuk anting atau cincin.

Camilan ini dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti singkong, Bawang Putih dan bumbu penyedap lainya, cemilan kalnting memiliki rasa gurih dan teksturnya yang renyah, sehingga cemilan ini menjadi favorit masyarakat setempat selama bertahun-tahun.

BACA JUGA:Nikmatnya Kuliner Tradisional Tempe Mendoan Khas Banyumas

BACA JUGA:Deretan Kuliner Indonesia yang Berhasil Memikat Hati Para Idol K-Pop

Sejarah Klanting

Sejarah klanting bermula dari para pengrajin klanting di kecamatan kuwarasan, Kabupaten Kebumen. Para pengrajin memproduksi klanting melalui Industri rumahan dari resep turun temurun nenek moyan masyarakat sekitar. 

Seiring berjalanya waktu, klanting mulai pupuler dan tersebar di karesidenan Banyumasan, tak terkecuali kabupaten Banyumas. Hingga saat ini klanting menjadi cemilan favorit masyarakat Banyumas.

Penamaan cemilan ini, berasal dari bentuk klanting yang sangat mirip dengan anting, sehingga cemilan ini dinamakan "Klanting".

Bahan Utama Cemilan Klanting

Cemilan Lanting sangat sederhana dalam hal bahan-bahan yang digunakan. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan singkong berkualitas, Bawang Putih yang segar, garam dan bumbu penyedap lainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: