Dieng Banjarnegara Akan Kejar Borobudur Jadi Wisata Favorit di Jawa Tengah

Dieng Banjarnegara Akan Kejar Borobudur Jadi Wisata Favorit di Jawa Tengah

Kunjungan Komisi V DPR RI di kawasan Dieng Banjarnegara pada Jumat (15/9).-PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Komisi V DPR RI bersama dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PU PR melakukan kunjungan kerja spesifik di kawasan dataran tinggi Dieng. Demi memastikan pelaksanaan projek pembangunan penataan kawasan Dieng. 

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengungkapkan keinginan agar Dieng bisa mengejar Borobudur untuk jadi destinasi wisata favorit Jawa Tengah.

Ketua rombongan kunjungan Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan, kunjungan ini sengaja dilakukan untuk melihat secara langsung pembangunan infrastruktur dan transportasi di Dieng yang merupakan Kaswasan Strategis Parisiwata Nasional (KSPN).

“Kita lakukan tinjauan pembangunan infrastruktur di Dieng, karena ini merupakan KSPN, dan kami datang bersama dengan sejumlah anggota Komisi V serta Ditjen Cipta Karya Kementrian PUPR,” katanya.

BACA JUGA:Desa Kaliajir Banjarnegara Masih Dilanda Kekeringan, Warga Ambil Air dari Sungai, Namun Berbau Karat

BACA JUGA:Kekeringan Meluas, Status Kekeringan di Banjarnegara dari Siaga Menjadi Tanggap Darurat

Anggota Komisi V DPR RI yang melakukan kunjungan ke Dieng diantaranya Harvey Malaihollo, Novita Wijayanti, dan putra daerah Banjarnegara, Lasmi Indaryani. Mereka didampingi oleh Pj Bupati Banjarnegara, Camat Batur, Kepala Desa Dieng Kulon dan pegiat wisata Dieng.

Sementara itu Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto menyambut baik kunjungan kerja dari Komisi V DPR RI, sebab kunjungan dari Komisi V DPR RI ini tentu juga akan berdampak positif dalam ikut memromosikan potensi wisata di Dieng.

Tak hanya itu, Pj bupati juga mengucapkan terimakasih karena pada tahun 2023 ini, Dieng mendapatkan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk untuk penataan infrastruktur. Dia sangat berharap dukungan para wakil rakyat di DPR-RI demi terwujudnya Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng yang lebih tertata.

“Kawasan wisata Dieng memang belum bisa menyaingi Borobudur, tapi akan berusaha mengejar menjadi tujuan wisata favorit di Jawa Tengah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi V DPR RI juga mendapatkan paparan terkait progres pembangunan infrastruktur di Dieng dari kementerian PU PR.

Saat ini, kawasan Dieng sedang dalam penataan oleh Kementerian PU PR.  Anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus,  dimana untuk Penataan infrastruktur dan transportasi di Dieng sebesar Rp101 miliar untuk lima titik kegiatan.

Yaitu tiga titik di Kabupaten Banjarnegara meliputi Komplek Aswatama, Kompleks Candi Dieng dan Komplek Kawah Sikidang, sebesar Rp64 miliar untuk penataan di dua titik yang masuk wilayah Kabupaten Wonosobo, yakni Telaga Warna dan Sikunir.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: