Menikmati Pantai Menganti Surga Pantai Selatan yang ada di Kebumen

Menikmati Pantai Menganti Surga Pantai Selatan yang ada di Kebumen

Pantai Menganti- Surga Pantai Selatan yang ada di Kebumen-idntimes.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pantai menganti merupakan wisata eksotis yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berkunjung ke Kebumen. Belum sempurna rasanya jika kamu ke Cilacap tapi tidak mengunjungi pantai ini.

Bagi warga Kebumen dan sekitarnya pantai Menganti ini sudah tidak asing lagi menjadi salah satu tempat favorit jika ingin pergi ke pantai.

Pantai Menganti menawarkan pemandangan laut yang begitu indah dengan hamparan bukit hijau di tepian pantai berpasir putih, sehingga akan menghipnotis setiap mata pengunjung dengan keindahanya, Pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai terkenal yang ada di daerah lainya.

Pantai Menganti ini lokasinya terletak di kota Kebumen lebih tepatnya Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Letaknya sendiri tidak jauh dari pusat kota Kebumen hanya menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit.

 

BACA JUGA:Menteri Rini Terpesona Pantai Menganti

BACA JUGA:5 Keris, 5 Gada, Enam Ujung Tombak, dan Satu Tombak Ukiran Naga Ditemukan di Pantai Menganti, Keris Menancap d

 

 

Sejarah Panjang Pantai Menganti

Menurut legenda yang ada nama menganti muncul dari kisah persahabatan ulama antara Wali Syekh Maulana Malik Ibrahim dengan sahabatanya Syekh Subakir.

Beliau berdua ingin menyebarkan agama islam, namun sayangnya ditengah perjalanan mensiarkan agama islam beliau berdua terpisah, dan berjanji akan bertemu kembali di pantai Menganti ini.

Kemudian Syekh maulana yang sampai terlebih dahulu di tempat tersebut menanti sahabatanya yaitu syekh Subakir. Tapi dalam cerita yang menjadi legenda ini Syekh maulana kemudian kembali ke Arab dan syekh Subakir pergi ke gunung yang ada di magelang, Gunung Tidar.

Tapi ada kisah lain yang menceritakan dalam versi yang berbeda yaitu nama Menganti diambil dari kisah pada zaman dahulu.

BACA JUGA:Perahu Terbalik, Nasib Dua Pemancing di Pantai Menganti Kesugihan Begini

BACA JUGA:Hiu Tutul Seberat Satu Ton Terdampar di Pantai Menganti

Dari seorang panlima kerajaan Majapahit yang cintanya tidak direstui oleh raja kemudian sang Panglima berjanji untuk bertemu sang pujaan hatinya dipantai pesisir jawa.

Sang Panglima pun melarikan diri ke pantai selatan Jawa untuk memenuhi janjinya bertemu sang pujaan hati. Sang Panglima pun menunggu sang Pujaan hatinya diatas bukit kapur sambil memandangi keindahan laut pesisir jawa.

sudah menunggu cukup lama namun pujaan hati yang dinantikan oleh Sang Panglima tidak kunjung datang, tapi panglima tersebut terus menanti sang pujaan hatinya.

Dari dua legenda inilah nama menganti muncul, pantai yang dikisahkan sebagai tempat penantian antara dua sahabat dan dua pasangan yang saling ingin bertemu namun tak kunjung dipertemukan.

BACA JUGA:Healing ke Pantai Lampon, Surga yang Tersembunyi di Kebumen

BACA JUGA:Wow, Ini 4 Pantai Indah di Cilacap yang Harus Dikunjungi

Sebenarnya Pantai ini dulu digunakan sebagai tempat bersandarnya para kapal – kapal para nelayan  untuk pulang selepas mencari ikan di tengah laut.

Kemudian di alih fungsikan seiring berjalanya waktu menjadi sebuah tempat untuk pelelangan ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Sejak saat itulah Pantai Menganti ini menjadi tempat yang estetik untuk difoto.

Kapal- kapal nelayan yang bersandar dengan rapih dan ikan - ikan segar yang ada di tempat pelelangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Menganti untuk memotret.

Pantai Menganti baru diresmikan pada tahun 2011, sebagai tempat wisata. Karena tempat tersebut memang menyimpan potensi sebagai salah satu daerah wisata di Kebumen.

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Berencana Kelola Wisata Pantai

BACA JUGA:Berburu Wisata, Pantai Happy Primadona Baru di Buluspesantren Kebumen

Siapapun yang yang berkunjung kesini pasti tidak mau untuk terburu – buru untuk pulang, karena tidak pernah puas untuk memandangi keindahanya yang mengagumkan.

Akses menuju Pantai menganti

Akses untuk sampai ke Pantai Menganti ini memang cukup menantang, karena memang lokasinya yang ada di balik bukit, sehingga kendaraan harus bekerja secara ekstra untuk naik turun bukit.

Disarankan agar lebih baik membawa kendaraan pribadi dan mengecek kondisi kendaraan sebelum berangkat ke Pantai Menganti, karena belum tersedia kendaraan umum yang mengantarkan kamu dari kota Kebumen hingga Pantai Menganti.

Ada 2 akses yang sering dilewati para pengunjung untuk ke Pantai menganti,

BACA JUGA:Festival Budaya Digelar di Pantai Laguna

BACA JUGA:Ribuan Mangrove Ditaman di Pantai Ayah

Pertama melewati kecamatan Gombong memang jalur ini akan memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1,5 jam perjalanan namun perjalanan ini memiliki rute yang relatif lebih aman. Dari arah Gombong, kemudia kamu ambil ke arah Pantai Logending di sebelah selatan.

Kedua lewat rute Kebumen kemudian kearah Petanahan, Puring , Suwuk, dan terakhir ambil arah Pantai Menganti. Rute ini memamng lebih cepat namun memiliki jalan yang menantang dan berbahaya karena disepanjang perjalanan banyak lika – liku dan tanjakan yang harus dilewati.

Jam buka dan Harga tiket Masuk Pantai Menganti

Pantai Menganti buka setiap hari dan dibuka selama 24 Jam. Sehingga kamu tidak perlu khawatir pergi kapan saja bisa, karena Pantai ini tidak akan tutup.

Harga tiket masuk Pantai Menganti cukup murah hanya perlu menyiapkan dana Rp 10.000 sudah bisa masuk Pantai ini termasuk dengan Biaya Parkirnya

BACA JUGA:Menikmati Indahnya Pantai Selatan dari Gardu Pandang Bukit Wanalela

BACA JUGA:Lepas Penat di Pantai Cemara Sewu

Fasilitas PantaI Menganti

Selain harganya yang sangat terjangkau, Pantai Menganti ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang membuat nyaman para pengunjungnya,

  • Terdapat Gazebo untuk bersantai

Sambil menikmati angin pantai kamu bisa bersantai dibawah teduhnya gazebo yang sudah disediakan sambil menyantap makanan minuman yang kamu beli atau bawa.

  • Warung yang menjual makanan dan minuman

Tidak perlu khawatir akan jauh- jauh membeli makanan minuman dari luar karena di beberapa tempat sekitar pantai Menganti sudah disediakan warung yang menjual makanan dan minuman.

  • Tempat spot foto yang beraneka ragam

Tempat ini memang cocok untukmu yang suka berfoto – foto karena setiap sudut Pantai Menganti bagus untuk dijadikan tempat kamu berfoto dengan hamparan bukit hijau dan pasir putih alami.

  • Tempat penginapan

Jika kamu ingin menikmati waktu yang lebih lama di Pantai ini sudah disediakan beberapa penginapan disekitar pantai yang harganya juga cukup terjangkau.

  • Area untuk camping dan penyewaan alat camping

Buat kamu yang ingin menginap tapi lebih dekat dan menyatu dengan alam kamu bisa membawa tenda dan peralatan sendiri untuk Camp, karena di Pantai Menganti disediakan Area Camp jika kamu malas membawa alat sendiri disini juga kamu bisa menyewa alat - alat untuk Camping. (aef/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: