Banyumas Diguyur Hujan Beberapa Hari Terakhir, Ini Kata BMKG

Banyumas Diguyur Hujan Beberapa Hari Terakhir, Ini Kata BMKG

INFO HUJAN : Peta prakiraan awal musim hujan di Jawa Tengah.-BMKG UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setidaknya sudah dua hari terakhir ini beberapa wilayah di Banyumas diguyur hujan. Terutama di wilayah PURWOKERTO dan sekitarnya.

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, secara umum saat ini masih dominan berhembus angin timuran atau monsoon dingin australia.

"Namun beberapa hari ini terdapat gangguan atmosfer, adanya efek gelombang Rossby Equatorial yang melintasi wilayah Jawa Tengah. Hal ini menyebabkan kondisi cuaca cenderung berawan dan di beberapa wilayah turun hujan dalam kategori intensitas ringan," ujar dia.

Dia menambahkan, secara umum wilayah Banyumas memasuki awal musim hujan diperkirakan pada Oktober dasarian ke 3 atau akhir Oktober.

BACA JUGA:Tradisi Khas dari Banyumas, Ritual Cowongan untuk Memanggil Hujan

BACA JUGA:BMKG Prediksi Bulan Agustus Menjadi Puncak Kemarau di Banyumas dan Sekitar

"Walaupun ada yang sebagian kecil wilayah diperkirakan awal musim hujan pada November dasarian ke 1 atau awal November," tuturnya.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, jumlah warga yang mengalami krisis air bersih akibat dampak kekeringan di Kabupaten Banyumas terus meluas.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, hingga saat ini terdapat 25 Desa di 15 Kecamatan yang mengalami krisis air bersih. Dengan total 9134 KK dengan jumlah 29.373 jiwa. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: