6 Wisata Curug di Banyumas yang Wajib Dikunjungi

6 Wisata Curug di Banyumas yang Wajib Dikunjungi

RADARBANYUMS.DISWAY.ID - Banyumas bukan hanya terkenal dari kulinenya saja, Banyumas juga memiliki wisata-wisata alam yang sangat menawan, tidak hanya menawan, tapi juga bisa menyegarkan pikiran seperti wisata curug di Banyumas.

Kabupaten Banyumas yang secara geografis berada di dataran tinggi, membuatnya memiliki banyak air terjun atau juga bisa disebut curug. Dari yang mudah dijangkau sampai yang butuh effort untuk dijangkau, semua ada di Banyumas.

Semua  curug di Banyumas memiliki keunikan tersendiri.

6 Wisata Curug di Banyumas

BACA JUGA:Menjelajahi Curug Jenggala Ketenger Baturraden, Destinasi Wisata Alam yang Wajib Anda Kunjungi di Banyumas

 

BACA JUGA:Cara Menikmati Keindahan Alam di Curug Nangga Pekuncen

Tanpa basa-basi inilah 6 wisata curug di Banyumas yang harus kalian kunjungi

1. Curug Cipendok

Curug Cipendok ini berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok. Lumayan jauh dari pusat kota Purwokerto. Untuk menuju ke lokasi Curug Cipendok, kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat, karena tidak ada kendaraan umum disana.

Curug Cipendok ini memiliki tinggi mencapai lebih dari 90 meter, yang mana Curug Cipendok ini menjadi curug tertinggi di Banyumas.

BACA JUGA:Wisata Alam Banyumas: Curug Kali Kawung Desa Krajan

BACA JUGA:Curug Jenggala, Wisata Alam dengan Wahana Selfie Deck

2. Curug gomblang

Curug Gomblang memiliki aliran air yang deras, jadi ketika kalian ingin berkunjung ke Curug Gomblang, harus berhati-hati, untuk mengantisipasi agar tidak ada hal yang tidak di inginkan.

Selain aliran air yang deras, jalan menuju curug yang dikelilingi pohon rindang dan tinggi menjadi ciri khas Curug gomblang tersendiri.

Lokasi Curug Gomblang ini berada di Desa Kalisalak Kecamatan Kedungbanteng. Butuh waktu sekitar 40 menit dari pusat kota Purwokerto untuk sampai ke Curug gomblang.

BACA JUGA:Selfie Deck Curug Gomblang Jadi Favorit

BACA JUGA:Curug Pitu Sigaluh Banjarnegara Tawarkan Wisata Keluarga dan Adrenalin

3. Curug Jenggala

Curug Jenggala adalah salah satu rangkaian air terjun yang ada di kawasan Gunung Slamet. Curug Jenggala memiliki ketinggian sekitar 30 meter , tempat wisata ini semakin menarik wisatawan, terutama kalangan anak muda, karena banyak spot spot yang indah untuk berfoto di Curug Jenggala, dan jalan menuju Curug Jenggala juga sangat rapi dan tertata. Pemandangan  alam Gunung slamet yang masih terjaga dan indah membuat rasa lelah kalian terlupakan.     

Untuk menuju lokasi Curug Jenggala, kalian harus melalui jalan setapak sekitar 800 meter. Kalian bisa jalan atau menggunakan jasa ojek untuk menuju Curug.

Selama perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan sekitar yang indah. Mulai dari jalur pipa air PLTA Ketenger, sawah dan kebun, serta Gunung Slamet yang menjulang dari kejauhan. Hati-hati ketika mulai memasuki area hutan, karena kondisi jalan akan semakin terjal, curam, dan licin.

BACA JUGA:Disporapar Dorong Pemanfaatan Curug Cinagara

BACA JUGA:Curug Manik, Curug Cantik di Majenang yang Disiapkan Jadi Andalan

Curug Jenggala  ini bagian dari komplek dusun wisata Kalipagu. Lokasi Curug Jenggala ini berada di jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyunas, Jawa Tengah.

Waktu tempuh dari pusat Kota Purwokerto sekitar 30-45 menit menggunakan kendaraann pribadi ke lokasi wisata Curug Jenggala.

4. Curug Nangga

Wisata curug satu ini sangat berbeda dari yang lain, Curug Nangga ini memiliki 7 undakan aliran air. Lokasinya pun unik karena berhadapan dengan sawah terasering.

Sebelum kalian ke Wisata Curug ini, pastikan kendaraan kalian dalam keadaan baik, karena medan jalannya cukup menantang. Curug Nangga ini berada di bagian barat Banyumas, berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen.

BACA JUGA:Canyoning Jadi Wahana Pelengkap Curug

BACA JUGA:Curug Taman Mulai Dilirik Wisatawan Lokal

5. Curug Bayan

Curug Bayan ini tidak perlu berjalan jauh karena lokasinya sudah di pinggir jalan raya.

Jalannya juga tidak terlalu menanjak , dekat Curug Bayan ada Wana Wisata Baturraden, selain itu Wisata Curug Bayan juga  banyak menawarkan  villa yang ada di sekitar Curug Bayan. Curug Bayan ini berada di lokasi di Desa Ketenger Kecamatan Baturraden.

6.Curug Song

Curug Song  adalah Curug paling selatan di Banyumas, letaknya tidak di berada di lereng Gunung Slamet. Curug  Song berada diDesa Kalisalak, Kecamatan Kebasen. Curug Song ini tepat untuk liburan bersama keluarga apalagi membawa anak-anak, karena banyak wahana dan untuk anak-anak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: