Universitas Terbuka capai Setengah Juta Mahasiswa

Universitas Terbuka capai Setengah Juta Mahasiswa

Direktur Universitas Terbuka Purwokerto, Dr Prasetyarti Utami, S Si, M Si -Humas UT Purwokerto untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri dengan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh, dengan sistem tersebut Universitas Terbukamenjadi tumpuan dari pemerintah untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Indonesia.

APK Perguruan Tinggi secara nasional saat ini mencapai 39 persen, tetapi masih tertinggal dari negara-negara tetangga yang hampir mencapai 50 persen. Universitas Terbuka berperan penting untuk meningkatkan APK Perguruan Tinggi di Indonesia.

"Di Universitas Terbuka tidak ada batasan-batasan yang ada di Perguruan Tinggi lain, tidak ada batasan kuota, tidak ada tes masuk, dan tidak ada batasan lama kuliah, sehingga memberikan lebih banyak kesempatan dan pemerataan akses masyarakat untuk melanjutkan ke Pendidikan Tinggi," ungkap Direktur UT Purwokerto, Dr Prasetyarti Utami, S Si, M Si saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (12/9/2023).

Untuk menunjang mandat pemerintah Universitas Terbuka bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTNBH) yang merupakan level tertinggi sebuah Perguruan Tinggi, hal ini bertujuan agar UT lebih luwes dalam berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:Direktur UT Purwokerto hadiri Pengukuhan Guru Besar Unsoed

BACA JUGA:UT Purwokerto Selenggarakan OSMB Tahap Pertama, Tahun Ajaran 2023/2024

Hingga semester ini Universitas Terbuka telah mencapai target yang dicanangkan Rektor yaitu setengah juta mahasiswa.

"Alhamdulillah mahasiswa Universitas Terbuka per hari ini mencapai setengah juta mahasiswa tepatnya 516.313 mahasiswa dan UT Purwokerto mencapai 17.416 mahasiswa," imbuhnya.

UT sebagai distance education diharapkan dapatterus melaju, berkembang, berinovasi,  dan pemerataan akses pendidikan di Indonesia maupun di luar negeri. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: