Menelusuri Lagu-Lagu Tradisional yang Hits Dimainkan Saat Pertunjukan Ebeg Banyumasan

Menelusuri Lagu-Lagu Tradisional yang Hits Dimainkan Saat Pertunjukan Ebeg Banyumasan

Menelusuri Lagu-Lagu Tradisional dalam Seni Pertunjukan Ebeg Banyumasan-Instagram @rifki_afifan-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ebeg Banyumasan merupakan sebuah kesenian tradisional yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pertunjukan Ebeg pada umumnya melibatkan sekelompok penari yang menggunakan kostum ataupun topeng, diiringi oleh alat musik, serta lagu-lagu tradisional

Iringan alat musik dalam pertunjukkan Ebeg memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan suasana, membantu cerita, serta mempengaruhi penonton. Selain alat musik, lagu dalam pertunjukan Ebeg juga memiliki peran yang sangat penting. 

Selain untuk mengiringi dan menandai gerakan dalam tarian, lagu-lagu yang dimainkan dalam pertunjukkan Ebeg memiliki fungsi lain. Lagu-lagu tersebut dapat membangun suasana dalam pertunjukkan, mulai dari suasana yang riang gembira sampai suasana yang tegang mencekam. Hal inilah yang membantu dalam membangun emosi saat pertunjukan Ebeg. 

Lagu yang dimainkan dalam pertunjukan Ebeg juga mengandung beberapa pesan-pesan budaya, nilai, maupun moral. Di dalam pertunjukan Ebeg Banyumasan, lagu-lagu yang dimainkan bervariasi tergantung pada adegan, cerita, serta gaya pertunjukan yang digunakan. 

 

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Kesenian Ebeg, Kuda Lumping Asal Banyumas yang Bisa Bikin Mendem

BACA JUGA:Ini Sejarah Kesenian Tari Ebeg atau Kuda Lumping Khas Banyumas

 

Namun, ada beberapa lagu tradisional yang khas dan sering dimainkan dalam petunjukan Ebeg Banyumasan. Berikut beberapa lagu tradisional tersebut.

 


Ilustrasi kesenian Ebeg Banyumas (Foto dok Radar Banyumas)--

 

1. Eling-eling

Pertunjukkan ebeg khas dengan adanya mendem atau wuru. lagu Eling-eling merupakan lagu yang wajib dimainkan saat pertunjukan Ebeg di Banyumas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: