Sambut Delegasi Luar Negeri, Pemkab Gelar Banyumas Kenthongan Night Parade

Sambut Delegasi Luar Negeri, Pemkab Gelar Banyumas Kenthongan Night Parade

PENTAS : Festival kenthongan di Kabupaten Banyumas pada tahun 2022 lalu.-DOK. RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setidaknya ada 11 kontingen yang akan memeriahkan gelaran Banyumas Kenthongan Night Parade, Kamis (14/9).

Kegiatan yang dimulai pukul 19.00 itu, juga sebagai salah satu penyambutan All Delegations and Participants to the Smart Green ASEAN Cities (SGAC) Programme's 2nd City Windows Series, 11-15 September 2023 di Purwokerto, Banyumas.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni mengatakan kontingen kenthongan akan memulai aksinya dari Alun-alun Purwokerto.

"Disitu nanti akan ada panggung kehormatan. Kemudian lanjut melalui Jalan Jensud dan finish di simpang eks Srimaya," tuturnya.

BACA JUGA:Kembali Digelar Setelah Vakum 3 Tahun, Festival Kenthongan Disaksikan Ribuan Penonton

BACA JUGA:Tiga Kesenian Banyumas Diusulkan WBTB: Kenthongan, Legenda Kamandaka, dan Wayang Bawor

Dia katakan, ke-11 kontingen yang ditampilkan adalah kontingen terbaik di Banyumas. Dimulai dari Garuda mas dari Rawalo, SKL (Sari Kedeling Laras) dari Sumbang, Lappot dari Purwokerto Selatan, Bala Putra dari Purwokerto Timur, Sadawira Laras dari Kalibagor, Satria Kamandaka dari Baturraden, Putra Pasopati dari Rawalo.

Pada urutan kedelapan ada Gema Laras dari Ajibarang, Laras Bhirawa dari Purwokerto Timur, Bambu Laras dari Patikraja, Elang Prabuana dari Sokaraja.

Pihaknya mengajak agar masyarakat turut meramaikan pagelaran kenthongan tersebut. Memang, awalmulanya kenthongan hendak tidak diadakan, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya Pemkab Banyumas kembali mengadakan kenthongan. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: