Kembali Digelar Setelah Vakum 3 Tahun, Festival Kenthongan Disaksikan Ribuan Penonton

Kembali Digelar Setelah Vakum 3 Tahun, Festival Kenthongan Disaksikan Ribuan Penonton

Penampilan salah satu peserta Festival Kenthongan tahun 2022 di Panggung Kehormatan di Alun-alun Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Festival Kenthongan PURBALINGGA tahun 2022 dipadati ribuan penonton yang menyemut di sepanjang rute even, mulai dari titik start Taman Kota Usman Janantin hingga Panggung Kehormatan di Alun-alun PURBALINGGA, Jumat, 30 Desember 2022 malam. Even ini merupakan yang kali pertama dilaksanakan setelah tiga tahun vakum, karena pandemi Covid-19. 

Dalam even yang digawangi oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga ini, grup kentongan Karaban, dari Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari berhasil menjadi juara pertama.

Total peserta adalah 10 grup kenthongan dari Kabupaten Purbalingga dan luar kota.

BACA JUGA:Razia Miras, 12 Pemuda di Jatilawang Disuruh Jalan Kaki Sepanjang 2 Km

Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga Prayitno mengatakan, Festival Kenthongan Purbalingga ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke 192. "Ada sepuluh grup kenthongan yang ambil bagian.

Yakni, tujuh grup dari Kabupaten Purbalingga, serta tiga grup dari luar Kabupaten Purbalingga," katanya ditemui sebelum pembukaan festival.

Dia menjelaskan, diharapkan kegiata Festival Kenthongan ini memberikan efek positif dalam pengembangan kesenian daerah.

BACA JUGA:Pesta Miras, Belasan Pemuda di Jatilawang Diamankan Polisi

Dia juga menyebutkan potensi pegiat kesenian Kenthongan yang ikut ambil bagian, memiliki potensi yang bisa terus dikembangan. Apalagi, digawangi oleh anak-anak milenial.

"Kami berharap kegiatan ini akan mendorong tumbuhnya sektor ekonomi kreatif, bagi pelaku seni kentongan, ulai dari pembuat alatnya, penabuh instrumen, penari dan manajemennya," lanjutnya.

Selain itu dengan digelarnya agenda di Alun-alun Purbalingga, kegiatan juga akan berdampak pada para pelaku ekonomi di sekitar lokasi.

BACA JUGA:Tahun Baru di Purwokerto Diguyur Hujan, Berikut Ramalan Cuaca BMKG

Karena para pelaku UMKM pada malam hari banyak membuka lapaknya di sekitar alun-alun. Serta, dihadiri oleg ribuan masyarakat yang datang langsung menyaksikan festival.

Festival Kenthongan tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga HR Bambang Irawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: