Cara Atasi Homesick Bagi Mahasiswa Baru, Agar Cepat Beradaptasi di Dunia Perkuliahan

Cara Atasi Homesick Bagi Mahasiswa Baru, Agar Cepat Beradaptasi  di Dunia Perkuliahan

Cara mengatasi Homesick bagi mahasiswa baru,agar cepat beradaptasi di dunia perkuliahan(. Faliq Irham))-Faliq Irham-

Radar Banyumas.co.id - Sebagai Mahasiswa baru yang diterima di Perguruan Tinggi yang diinginkan menjadi sebuah hal yang menyenangkan,karena hasil dari perjuangan setelah melewati masa sekolah di SMA kemudian  merasakan bangku perkuliahan tidak semua orang dapat merasakanya.Namun hal tersebut menjadi sebuah permasalahan baru yang akan dihadapi,terlebih lagi bagi Mahasiswa baru yang merantau, tentu saja dalam hatinya akan muncul rasa rindu dengan suasana rumah atau biasa disebut “Homesick”.

Homesick ini timbul karena tidak terbiasa untuk hidup dan mengelola kebutuhan hidupnya sendiri.Hal ini tentu saja menjadi begitu lumrah dikalangan Mahasiswa yang baru mencoba merantau.Bagi mahasiswa baru yang  tidak terbiasa untuk hidup mandiri dan sangat bergantungan dengan orang tua, tentu saja akan menyulitkan dirinya untuk cepat beradaptasi.

Hal ini jika tidak diatasi pasti akan menjadi sebuah hal yang menghambat proses belajar di perkuliahan. Maka dari itu dibutuhkan cara untuk mengatasi perasaan Homesick tersebut.

Cara Mengatasi Homesick, agar cepat beradaptasi :

       1. Aktif  kegiatan kampus

Menyibukan diri menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengalihkan perasaan Homesick,dengan cara mengikuti segala kegiatan kampus seperti mengikuti berbagai organisasi,mengikuti kuliah umum tambahan,atau mungkin hadir dalam sebuah webinar. Ikuti segala kegiatan kampus yang kamu suka, karena pada masa maba ini sangat cocok untuk mencoba hal-hal baru dan menambah pengalaman yang belum pernah kamu rasakan pada bangku SMA.

BACA JUGA:BEM Unsoed : Penyelesaian Secara Kekeluargaan Tidak Menjawab Keresahan Mahasiswa

Selain mengalihkan perasaan Homesick, ini juga akan membantu Mahasiswa baru agar cepat beradaptasi di dunia perkuliahan dan dapat menambah relasi. Menurut Nolen-Hoeksema, seorang profesor psikologi dari Yale University Amerika “ Ruminasi mengacu pada kecenderungan memikirkan berulang kali tentang penyebab faktor situasional, dan konsekuensi dari pengalaman (emosional) negatif seseorang,” tulisnya pada riset Nolen-Hoeksema tahun 2008, Rethinking Rumination.

Dengan cara ini, akan mengalihkan perasaan kamu yang sedang rindu rumah, karena di dalam pikiranmu akan lebih terfokus pada kegiatan kampus yang sedang kamu ikuti. Sehingga tidak selalu dibayangi dengan perasaan Homesick.

2. Mengenali lingkungan wilayah tempat tinggal

Menggunakan waktu luang pada saat libur kuliah untuk berjalan-jalan mengeksplore kota yang baru ditempati, akan menghilangkan rasa homesick.Karena rasa bosan dan suntuk juga menjadi penyebab yang menimbulkan perasaan homesick. Selain itu hal ini akan membantu Mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dengan lingkungan wilayah tempat tinggal yang baru.

Selain menghilangkan rasa bosan dan jenuh di kosan yang dapat menimbulkan rasa homesick, kamu juga jadi lebih kenal lingkungan wilayah tempat tinggal barumu dan jadi tahu lebih banyak tentang daerah wisata apa saja yang berada di wilayah tersebut, mungkin bukan hanya daerah wisatanya namun kamu juga bisa berburu kuliner yang khas ada disana.

BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa Unsoed Duduki Kantor Rektor, Buntut Kasus Dugaan Kekerasan Seksual

1.               3. Membuat suasana kamar kos seperti di rumah

Bisa kamu lakukan dengan cara mendekor dan membuat senyaman mungkin kamar kos yang kamu tempati menjadi seperti suasana yang ada dirumah. Bisa kamu lakukan dengan cara membawa beberapa barang kesukaanmu ke kamar kos atau dengan cara menata beberapaa barang yang ada di kamar kos seperti suasana yang ada dirumahmu, sehingga menghilangkan rasa rindumu dengan suasana yang ada dirumah.

Karena biasanya sebagai anak kos kamar tidur bukan cuma sebagai tempat beristirahat, melainkan juga seabgai tempat untuk berkumpul dengan teman, tempat untuk makan, dan juga tempat untuk kamu belajar. Kamar kos menjadi sangat multifungsi, maka dari itu sangat perlu untuk membuat kamar kos senyaman mungkin seperti yang ada dirumah.

2.4         4Meluangkan waktu untuk hobi

Mengisi waktu luang ketika jeda perkuliahan untuk menyalurkan ke hobi yang kamu sukai, juga dapat membantu kamu untuk mencari aktivitas yang cukup produktif, agar meminimalisir perasaan Homesick yang selalu timbul. Contoh saja misalnya kamu suka dengan membaca,  maka gunakan waktu luang yang kamu miliki untuk membaca buku yang ada di perpustakaan kampus, atau kamu hobi berolahraga kamu bisa meluangkan waktu untuk mengikuti olahraga yang memang kamu sukai.

Berbagai macam hobi dapat kamu salurkan sebagai aktivitas baru untuk mengisi waktu luang saat jeda perkuliahan. Sehingga dapat menghilangkan rasa bosan dan jenuh di kosan. Mengasah hobi juga bisa saja menjadi sebuah prestasi tambahan,  jika kamu mengikuti kejuaraan yang ada dari hobi yang kamu sukai, karena biasanya kampus suka mengadakan perlombaan yang mecakup hobi mahasiswanya atau kamu bisa mengikuti lomba yang diadakan oleh non-kampus.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unsoed Ditarget Turunkan Stunting Purbalingga

3.                5.Bersosialisasi dengan teman

Sejatinya, manusia merupakan mahluk sosial yang butuh untuk bersosialisasi. Sebagai anak rantau, teman sudah menjadi seperti keluarga sendiri, karena mereka-lah yang tahu lebih dulu dengan keaadaan kamu di perantauan.

Cobalah terbuka kepada teman-mu untuk bercerita dengan apa yang sedang kamu rasakan. Cari teman yang se-frekuensi atau sejalan denganmu, agar kamu merasa nyaman untuk terbuka dan menceritakan apa yang sedang kamu rasakan.

Mencari teman yang se-frekuensi bisa juga mengatasi rasa homesick, karena ketika kamu merasa kesulitan untuk beradaptasi atau lagi ada masalah yang kamu belum menemukan solusinya sendiri, bisa minta bantuan temamnmu untuk memberikan pendapat, itu akan membantu pikiran kamu menemukan solusi dari masalah tersebut.

Hal yang harus diperhatikan sebagai mahasiswa baru, bagaimana cara kamu untuk memilih dan memilah teman di perantauan agar tidak terjerumus di pergaulan yang salah. Jangan sampai kamu bertemu dengan pergaulan yang salah dan justru membawa diri kamu kedalam masalah baru. Karena hal tersebut malah membuat diri kamu semakin stress, dan jenuh dengan kehidupan di dunia perkuliahan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: