Lahan Pohon Bambu di Karangnanas Sokaraja Terbakar, Api Diduga dari Puntung Rokok

Lahan Pohon Bambu di Karangnanas Sokaraja Terbakar, Api Diduga dari Puntung Rokok

Petugas Damkar Banyumas saat melaksanakan pemadaman dan pendinginan, Senin (4/9/2023).-DAMKAR BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebidang lahan yang ditumbuhi pohon bambu di Rt 5 Rw 5 Desa Karangnanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas mengalami kebakaran, Senin (4/9/2023) kemarin.

Lahan seluas 2.000 meter persegi milik Darko tersebut terbakar, lantaran api yang diduga bersumber dari puntung rokok yang dibuang ke lahan.

Kapolsek Sokaraja AKP Soetrisno menjelaskan, kebakaran diketahui terjadi saat Kimin (55) sedang memancing di Sungai Bener disekitar lokasi.

"Lalu tiba-tiba melihat ada kepulan asap yang berasal dari tumpukan daun bambu yang berjarak 5 Meter dari tempatnya," ungkap Kapolsek, Selasa (5/9/2023).

BACA JUGA:Diduga Kerusakan Alat Pendingin Makanan, Sebuah Ruko di Jalan Dr Soetomo Alami Kebakaran

BACA JUGA:Selama Agustus Terjadi 3 Kebakaran Hutan dan Lahan, Satgas Karhutla Disiagakan

Lantaran kondisi angin yang besar di sekitar lokasi dan banyak daun pohon bambu yang kering membuat api cepat menjalar dan membesar.

"Kemudian Kimin memanggil Waluyo (56) yang lokasi rumahnya berdekatan dengan lokasi kebakaran dan berusaha memadamkan dengan alat seadanya," sambungnya.

Lalu bersama-sama dengan warga sekitar petugas Polsek Sokaraja dan Petugas Damkar Banyumas berupaya memadamkan api.

"Terjadinya kebakaran, karena diduga adanya seorang yang membuang puntung rokok sembarangan saat mancing di kali bener samping TKP pada saat malam atau dini hari yg tidak diketahui oleh siapapun," ujar Kapolsek.

BACA JUGA:Tahun 2019 Terjadi di Purbalingga, Masyarakat Diminta Waspadai Kebakaran Hutan pada Musim Kemarau

BACA JUGA:Antisipasi Kebakaran Masih Minim, Gedung Usaha Wajib Miliki Rekom Pemadam

Sementara itu, Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Banyumas, Andaru Budilaksono mengatakan, menindaklanjuti laporan kebakaran tersebut 1 amada dikerahkan menuju ke lokasi.

"Satu unit fire truck kapasitas 4000L berkekuatan 4 personel dari Damkar Induk Regu 2 langsung meluncur ke TKP. Pemadaman selesai pukul 16.00 WIB," jelasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: