Mempelajari Seluk-beluk Kredit Multiguna dan Keuntungannya

Mempelajari Seluk-beluk Kredit Multiguna dan Keuntungannya

Ilustrasi (sumber unsplash)--

RADAR BANYUMAS - Anda ingin mencari dana tambahan untuk berbisnis ketika memasuki masa pensiun dini? Maka, layanan kredit multiguna bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjawab keinginan Anda.

Namun, untuk mewujudkannya, Anda butuh aset atau hal lain yang dapat Anda jadikan sebagai jaminan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pembiayaan.

Seperti apa kelebihan dari sistem permodalan ini? Cari tahu jawabannya di sini.

Apa Itu Kredit Multiguna?

Layanan ini merupakan produk dari perusahaan finansial untuk memberikan permodalan berupa dana terhadap pihak peminjam atau disebut dengan debitur. Dalam mekanismenya, pihak penerima permodalan wajib memberikan barang berharga yang dititipkan.

Seperti yang sudah disebutkan sekilas di awal, kredit multiguna adalah produk dari bank untuk memberikan pinjaman dana pada debitur atau peminjam.

Produk pinjaman dana ini mewajibkan peminjamnya untuk memberikan barang berharga yang dititipkan. Jaminan tersebut diserahkan kepada perusahaan agar nantinya penerima mendapatkan fasilitas berupa permodalan. Besaran yang akan diperoleh, berdasarkan pada nilai barang dari barang berharga yang dititipkan tersebut.

Permodalan ini tidak hanya bisa Anda manfaatkan untuk bisnis saja. Namun bisa untuk keperluan lain seperti biaya pendidikan, pengobatan, pernikahan hingga renovasi tempat tinggal.

Kelebihan Kredit Multiguna

1. Limit Besar

Karena Anda memberikan barang berharga yang dititipkan dengan nilai setara permodalannya, maka batasnya juga tinggi. Sebagai contoh, ketika Anda ingin meminjam uang mencapai Rp500 juta, maka barang berharga yang dititipkan harus memiliki nilai yang setara.

Di sisi lain, hal ini membuat risiko pihak perusahaan pemberi pinjaman rugi, semakin kecil.

2. Bisa Diajukan untuk Berbagai Kebutuhan

Permodalan ini bisa Anda manfaatkan untuk beberapa hal. Tidak hanya untuk bisnis, tapi juga untuk pendidikan, kendaraan, atau membeli produk tertentu hingga mendapatkan rumah. Anda bisa meminjam permodalan untuk mendapatkan produk dengan harga yang tinggi.

3.  Tenor Panjang

Kelebihan berikutnya adalah durasi peminjaman yang cukup panjang. Anda bisa mengambil masa tenor hingga 10 tahun atau bahkan lebih. Sehingga, akan sangat untuk Anda yang ingin mendapatkan permodalan dengan masa pinjaman panjang.

Apa Saja yang Bisa Dijadikan Jaminan?

Lalu jenis aset apa saja yang bisa menjadi barang berharga yang dititipkan untuk tagihan ini? Simak daftar kepemilikan yang dianggap layak untuk Anda jadikan jaminan berikut ini.

1. Properti

Anda bisa mengajukan tanah, rumah, hingga sertifikat lahan sebagai barang berharga yang dititipkan. Surat kepemilikan yang dimaksud adalah sertifikat hak milik atau hak guna bangunan. Pinjaman yang bisa Anda dapatkan dapat bernilai ratusan juta bahkan hingga milyaran.

2. Kendaraan

Anda juga bisa menjadikan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor sebagai barang berharga yang dititipkan. Namun, karena nilai kendaraan ini bisa saja turun dengan mudah bahkan drastis, maka tenornya tidak tinggi dan lama. Umumnya, maksimal hanya selama 5 tahun saja.

3. Logam Mulia

Di Indonesia logam mulia seperti emas kerap menjadi bahan barang berharga yang dititipkan untuk kepentingan permodalan. Sebab, benda ini punya acuan harga yang terbilang jelas. Kemudian, bunganya terhitung cukup rendah. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: