Mina Wisata Desa Pancasan Tunggu Siteplan Meski Sudah Bangun Kolam

Mina Wisata Desa Pancasan Tunggu Siteplan Meski Sudah Bangun Kolam

Sudah membangun beberapa kolam ikan dari Dana Desa, gagasan mina wisata Desa Pancasan masih menunggu siteplan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang dengan gagasan mina wisatanya sampai saat ini masih berproses untuk pembuatan site plan kawasan tersebut.

Sekretaris Desa Pancasan, Aminurrohman mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan penyuluh perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ada di Banyumas terkait gagasan mina wisata Desa Pancasan. Sebelum pelaksanaan Pemilihan Antar Waktu (PAW) kepala desa bulan lalu juga sudah dilakukan studi banding ke Yogyakarta.

"Semua bakal calon kepala desa diikutkan saat itu. Bersama dengan penyuluh perikanan," katanya.

BACA JUGA:Wisata Mina Padi Panembangan Prioritas Untuk Pedagang Lokal

Sekdes menjelaskan setelah berproses sekian lama, pada akhirnya terkait gagasan mina wisata Desa Pancasan sampai pada tahapan wajib adanya siteplan terkait kawasan wisata tersebut jika nantinya pembiayaannya dibiayai dari Dana Desa (DD).

Setelah dijajaki oleh desa, biaya pembuatan siteplan resmi yang telah mengantongi kompetensi tidaklah kecil. Dengan berbagai pertimbangan, pada akhirnya untuk gagasan mina wisata di Pancasan masih harus menunggu siteplan.

"Siteplan tidak bisa dibuat sembarang pihak. Wajib konsultan yang sudah mengantongi kompetensi," terang Amin.

Adapun pertimbangan lainnya untuk merealisasikan gagasan mina wisata di Desa Pancasan, suhu air di kolam ikan yang saat ini telah dibangun di atas Tanah Kas Desa (TKD) cukup tinggi. Hal Ini menyebabkan bantuan benih ikan yang diberikan kepada desa justru banyak yang mati.

"Jadi kondisi air di tiap desa bisa berbeda. Di Pancasan meski secara pengairan sama bagusnya seperti yang di Panembangan tetapi suhu airnya mungkin berbeda," pungkas Sekdes. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: