Impian Puluhan Tahun Warga Desa Pengadegan Dambakan Akses Jalan

Impian Puluhan Tahun Warga Desa Pengadegan Dambakan Akses Jalan

Puluhan warga rela swadaya membuat jalan setapak menjadi jalan yang lebih layak, setelah puluhan tahun belum terwujud. (Amarullah Nurcahyo/Radar Banyumas)--

Swadaya Kepras Tanah Pekarangan Untuk Penghubung Dua Dusun

 

Jalan lingkungan di Desa Pengadegan Kecamatan Pengadegan terlihat ramai pagi itu. Puluhan warga kerja bakti menggunakan peralatan manual. Mereka sedang berupaya keras agar memiliki akses jalan yang tidak sempit (setapak), agar aktifitas dua dusun di sana terhubung lebih optimal.

 

AMARULLAH NURCAHYO, PURBALINGGA

 

Keringat puluhan warga di Dusun 1 dan Dusun 2 Desa/ Kecamatan Pengadegan, pagi itu mulai bercucuran. Sesekali ada yang menyeka dengan kaos yang mereka pakai sembari membetulkan peralatan cangkul.

 

Ya, pagi itu mereka gotong royong mengepras tanah di sisi jalan setapak untuk melebarkan jalan dilokasi. Tujuan mereka satu, sudah puluhan tahun akses jalan itu sempit. Lalu disulap menjadi jalan penghubung antar dusun sepanjang 300 meter x 3  meter. 

 

BACA JUGA:Nasib Angkutan Umum Lokal Semakin Terpuruk, Ini Penyebabnya

 

Cangkul, sekop dan linggis perlahan mampu mengepras tanah di atas jalan setapak dan  meratakannya  agar bisa menjadi jalan selebar tiga meter. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: