Ditinggal ke Masjid, Dapur Rumah warga Sidamulya Ludes Terbakar

Ditinggal ke Masjid, Dapur Rumah warga Sidamulya Ludes Terbakar

Petugas Damkar bersama Forkompimcam melakukan pendataan di lokasi kebakaran, Kamis 27 Juli 2023.-UPT Damkar Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Ditinggal ke Masjid, bangunan dapur milik Haryanto (48) warga Desa Sidamulya, Kecamatan Wanareja terbakar. Diketahui pemilik rumah masih menggunakan tungku kayu atau pawon ntuk memasak.

Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi mengatakan, saksi mata melihat asap dan api sudah membakar bagian atap dapur milik Haryanto, sekira pukul 20.00, Rabu (26 Juli 2023).

"Saksi berteriak meminta tolong kepada warga yang sedang berada di masjid lalu berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," bebernya, Kamis (27 Juli 2023).

BACA JUGA:Kipas Angin Konslet, Akibatkan Kebakaran Rumah di Binangun

Karena keterbatasan alat, api baru bisa dipadamkan oleh warga sekira pukul 22.00. Bangunan dapur semi permanen dengan ukuran 5 x 7 meter itu, terbakar beserta perabotan.

"Ketika kita data, bangunan dapur ludes terbakar beserta perabotan ditambah pompa air, total kerugian sekitar Rp 7,7 juta," lanjutnya.

Sedangkan penyebab kbakaran adalah tungku kayu yang sedang digunakan untuk memasak, kemudian ditinggal ke masjid dan tidak diperhatikan apakah sudah benar-benar padam atau belum.

BACA JUGA:Awal Januari 2026, Pasar Baru Kroya Diharapkan Bisa Ditempati Lagi

"Ini harus jadi perhatian, jika memasak menggunakan tungku kayu maka pastikan api sudah padam 100 persen, baru ditinggal beraktivitas yang lain," tegasnya.

Setelah dilakukan pendataan, Petugas Damkar menyosialisasikan aplikasi Satkartaru SIAP beserta cara penggunaanya. Lalu membagikan nomor pos Damkar kepada masyarakat. (Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: