Jelang Pemilu, Dinpendukcapil Purbalingga Sasar 9.962 Orang Usia 17 Tahun

Jelang Pemilu, Dinpendukcapil Purbalingga Sasar 9.962 Orang Usia 17 Tahun

Proses pencetakan e-KTP di kantor Dindukcapil kabupaten Purbalingga.-DOK. ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Pemilihan umum (Pemilu) dan Pemilukada tahun 2024 semakin dekat. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Purbalingga, mulai menyasar siswa yang masuk 17 tahun hingga mendekati Pemilu untuk pemilih pemula.

Kepala Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga, Muhammad Faturrohman, Senin 24 Juli 2023 malam menjelaskan, sesuai data dapodik siswa yang berusia 16 tahun lebih yang akan berumur 17 tahun pada saat pemillu 14 Februari 2024 sejumlah 9.962 orang dan sisanya diluar Purbalingga.

Jumlah itu tersebar di 46 SMA/SMK di Kabupaten Purbalingga. Rencana mulai Selasa 25 Juli 2023 akan di mulai kegiatan jemput bola perekaman KTP EL, di mulai dari SMK Negeri 1 Kaligondang.

"Kami juga sudah mengimbau agar usia mendekati 17 tahun dipersiapkan mengajukan permohonan KTP El. Bisa dikatakan untuk pemilih pemula," rincinya.

BACA JUGA:Ikuti Jambore Internasional di Korea Selatan, Empat Siswa Purbalingga Diminta Bupati Promosikan Wisata

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, hasil DPT Pemilu tercatat ada 21 persen dari DPT pemilu 2024 sebagai pemilih pemula. Jumlah DPT 772.268 pemilih.

"Untuk pemilih pemula, kita masih mengacu ke DPT yang sudah ditetapakan. Kalau jumlah sampai Pilkada kita tidak bisa prediksi, lebih tepat menggunakan rekam wajib KTP El dan yang punya Capil," ujarnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: