30 Orang Warga Klapasawit Kalimanah, Dilatih Kerajinan Anyaman Bambu

30 Orang Warga Klapasawit Kalimanah, Dilatih Kerajinan Anyaman Bambu

Penuh : Aula Kantor Desa Klapasawit Kalimanah, dipenuhi peserta pelatihan anyaman bambu hari pertama, Senin 17 Juli 2023.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID - Tak kurang dari 30 orang warga Desa Klapasawit Kecamatan Kalimanah, Senin 17 Juli 2023 dilatihan kerajinan anyaman bambu. Mereka akan mengikuti pelatihan di aula Kantor Desa Klapasawit selama 3 hari kedepan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga, Johan Arifin melalui Sekdin Hadiono menjelaskan, pelatihan ini merupakan kegiatan yang didanai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT). "Harapannya warga akan semakin terampil dan bisa mendukung variasi produk kerajinan dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Imbasnya kesejahteraan meningkat," katanya, Senin 17 Juli 2023.

Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan di Desa Karanggedang Bukateja dan saat ini giliran Desa Klapasawit. Jenis kerajinan yang diajarkan seperti keranjang, wadah hantaran, parsel dan lainnya.

"Potensi para perajin sudah bagus. Tinggal memoles dan menambah kemampuan mereka. Kami optimis bisa mendukung penghasilan mereka," tambahnya.

Kepala Desa Klapasawit, Catur Sutanto berharap tak hanya sampai pada pembuatan produk, namun dibantu pemasarannya. Sehingga warga dan perajin di desanya bisa lebih semangat.

"Kami mengapresiasi Dinperindag Purbalingga yang memberikan program pelatihan ini. Warga kami jadi memiliki kemampuan lebih bagus," ungkap Catur.

Sugeng Turino, salah satu peserta pelatihan mengaku cukup puas dengan pelatihan sampai sore tadi. Ia tambah kemampuan menganyam siratan bambu dan bisa banyak modifikasi dan jenis kerajinan yang bisa dihasilkan. (rdr/amr).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: