Upaya DPU Banyumas untuk Tingkatkan Kualitas SDM di Bidang Teknik Konstruksi Lewat Pelatihan BIM

Upaya DPU Banyumas untuk Tingkatkan Kualitas SDM di Bidang Teknik Konstruksi Lewat Pelatihan BIM

PELATIHAN BIM. Suasana Pelatihan BIM, Kamis (13/7) di gedung DPU Kabupaten Banyumas -AAM JUNI RESTINO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Sebanyak 40 mahasiswa dan alumni fakultas teknik dari berbagai perguruan tinggi di Purwokerto, mengikuti Pelatihan Building Information Modelling (BIM) Modeller Batch I Secara Luring. Pelatihan yang digelar dari 10 - 15 Juli itu, sebagai salah satu bentuk peningkatan sumber daya manusia di bidang perencanaan konstruksi yang digagas Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo mengatakan, pelatihan tersebut bisa terselenggara berkat kolaborasi dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya. Pelatihan tersebut menggunakan aplikasi Tekla, yang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam membuat perencanaan konstruksi.

"Pelatihan ini sebagai salah satu bentuk adaptasi kami, menatap perkembangan teknologi dan globalisasi. Juga untuk mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Banyumas," kata dia.

BACA JUGA:Alat Sudah Uzur, DPU Banyumas Nilia Sudah Waktunya Ganti Yang Baru

Pelatihan IBM dengan menggunakan aplikasi ia sebut, baru perdana diadakan. Diharapkan dengan pelatihan ini kemampuan SDM, dalam perencanaan konstruksi bisa lebih cepat.

"Jadi ini akan membuat bangunan akan sangat menyingkat waktu dari sisi perencanaan, karena semua dilakukan dengan aplikasi. Untuk instruktur pelatihan kita datangkan dari Undip," paparnya.

Ditengah keterbatasan anggaran, pihaknya berkomitmen terus menjalin komunikasi dengan pemerintah provinsi atau pemerintah pusat. Komitmen itu, membuahkan hasil nyata dengan terselenggarakannya pelatihan tersebut secara gratis.

BACA JUGA:Enam Kegiatan Fisik DPUPR Masuk Tahap Lelang, Satu Selesai, Lima Dalam Proses

"Selain pelatihan, nanti juga akan ada ujiannya. Yang lulus dapat sertifikat," ucapnya.

Lebih jauh, selain fokus pada pembangunan fisik seperti jalan, jembatan, bangunan pihaknya juga berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan kualitas SDM.

"Tanggal 31 Juli akan kita gelar lagi, dengan mahasiswa vokasi dari Unsoed dan UMP sebagai pesertanya," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: