Begini Cara Dapatkan Kredit Mobil dan Motor Syariah, Hindari Riba

Begini Cara Dapatkan Kredit Mobil dan Motor Syariah, Hindari Riba

Ilustrasi mobil (sumber: unsplash)--

Radar Banyumas - Ada beberapa opsi yang bisa Anda ambil untuk mendapatkan unit kendaraan sesuai keinginan Anda. Misalnya, membeli secara cash atau menggunakan sistem cicilan.

 

Dalam sistem angsuran, Anda bisa memilih layanan pendanaan secara konvensional atau syariah. Jenis syariah cocok digunakan oleh umat Islam yang ingin memperoleh pendanaan unit kendaraan, namun terhindar dari riba berbentuk bunga. Sehingga, bisa mendapatkan unit tanpa harus menyalahi aturan agama. 

 

Sebelum Anda ingin mengajukan kredit beli mobil tanpa riba, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa sebenarnya jenis pendanaan ini, kemudian cara untuk mendapatkannya. 

 

Mengenal Kredit Syariah

 

Sistem kredit ini merupakan layanan yang menawarkan pinjaman beli motor tanpa riba berdasarkan prinsip dianut Islam. Maka, setiap kreditur yang hendak membeli unit kendaraan tidak akan melenceng dari aturan agama sehingga menghindarkan dari dosa. 

 

Prinsip tersebut juga membuat nasabah tidak perlu membayarkan bunga berlebihan. Berbeda dengan sistem kredit secara konvensional, keuntungan yang diambil dianggap haram jika menganut prinsip syariah. Sehingga, model pinjaman ini sangat cocok untuk digunakan oleh umat muslim ketika hendak membeli kendaraan. 

 

Cara Mendapatkan Layanan Kredit Syariah

 

Apakah Anda tertarik layanan pendanaan ini? Jika demikian, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. 

 

Nah, bagi Anda yang tertarik mendapatkan layanan kredit mobil syariah, maka perlu mencarinya dengan benar. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukannya:

 

Cari Referensi Penyedia Layanan

 

Hal pertama yang Anda lakukan adalah mendapatkan informasi atau referensi tentang penyedia layanan tersebut. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang bentuk layanan yang ditawarkan dan carilah perbandingannya.

 

Jangan terburu-buru mengambil keputusan. Pastikan Anda sudah cermat memilih penyedia pendanaan sesuai kebutuhan.

 

Pilih yang Terpercaya

 

Yang tidak kalah dalam memilih lembaga pendanaan, adalah mengutamakan perusahaan yang sudah terpercaya. Yakni, sudah memiliki izin operasional secara resmi dan terbukti legalitasnya. Lalu, sudah masuk dalam daftar  Lembaga Penjaminan Masyarakat (LPS), serta memenuhi ketentuan perizinan sesuai persyaratan. 

 

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan fasilitas pendanaan yang terjamin sesuai dengan syariat Islam. Sehingga tidak akan ada kekhawatiran Anda akan terkena dosa akibat riba. 

 

Cari Layanan dengan Pengambilan Profit Kompetitif

 

Lembaga yang menawarkan fasilitas kredit dengan prinsip muslim tidak akan menggunakan mekanisme suku bunga. Namun, dengan profit dalam aktivitas transaksi jual beli. Dengan begitu, nilai keuntungan yang diambil akan berbeda.

 

Anda bisa melakukan perbandingan untuk mendapatkan perusahaan dengan keuntungan paling rendah. Sehingga Anda bisa membayar angsuran secara lebih ringan. 

 

Pelajari Cara Operasional

 

Yang terakhir, Anda harus mempelajari tentang sistem kredit tersebut yang dilakukan oleh pihak penyedia fasilitas pendanaan. Ketahui sistem mulai dari prosedur pengajuan untuk pendanaan, biaya yang tercantum, metode angsuran, besarannya dan ketentuan lainnya.

 

 

Anda wajib mengetahui semua aspek tersebut agar lebih mengerti skema dan langkah agar permohonan pendanaan Anda diterima. Anda juga harus memikirkan bagaimana cara untuk memastikan cicilan yang wajib Anda bayar selalu tepat waktu. Sehingga, Anda terhindar dari risiko keterlambatan pembayaran cicilan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: