SDN di Pedalaman Sulit Sinyal jadi Sekolah Penggerak

SDN di Pedalaman Sulit Sinyal jadi Sekolah Penggerak

SDN 1 Tanggeran menyelenggarakan house in training program sekolah penggerak yang dimulai Senin (10/7)-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Tanggeran Kecamatan Somagede, masuk daftar Sekolah Penggerak dalam seleksi tingkat nasional. 

Kepala SDN 1 Tanggeran, Tien Agus Sulistyani mengaku tidak menyangka lolos seleksi Sekolah Penggerak nasional. Sebab, SDN 1 Tanggeran berada di wilayah pedalaman.

"SDN 1 Tanggeran juga sekolah kecil, secara geografis terjepit, mayoritas siswa lokal dari lingkup dua RT," jelas Tien, Senin (10/7).

BACA JUGA:Begini Serunya Bule Belgia Mengaduk Semen Saat Ikuti Program Summer Camp di Karangsalam, Baturraden

Di sekolah tersebut juga mengalami kesulitan sinyal. Seperti pada kegiatan in training house atau pembekalan program sekolah penggerak, saat mengerjakan tes, guru harus berada di ruang khusus agar mendapatkan jaringan internet yang stabil.

Kondisi tersebut sempat membuat Tien berkecil hati. Sebab, seleksi sekolah penggerak skala nasional sangat ketat.

Jika terpilih atau lolos sebagai Sekolah Penggerak, maka SDN 1 Tanggeran dituntut untuk mampu meningkatkan mutu pendidikan. Tidak hanya di internal sekolah, juga menggerakkan atau katalis bagi sekolah lain.

BACA JUGA:Rangkaian Sura, Warga di Pekunden Bersih Kubur

Dengan begitu, SDN 1 Tanggeran dapat menjadi rujukan bagi sekolah lain hingga di luar wilayah Kecamatan Somagede. Di antaranya dalam pelaksanaan kurikulum merdeka.

"Tuntutan sebagai Sekolah Penggerak memang berat," imbuh Tien.

Selain peningkatan mutu pendidikan, SDN 1 Tanggeran sebagai Sekolah Penggerak memprioritaskan untuk digitalisasi sekolah. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: