Lima Sekolah di Purbalingga Raih Predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi

Lima Sekolah di Purbalingga Raih Predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi

Rapat terkait dengan penyampaian hasil penilaian usulan CSAN dan CSAM Tahun 2023. (ADITYA/RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Lima sekolah di Kabupaten Purbalingga berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi (SAP) Jawa Tengah.

Hal itu terungkap saat rapat terkait dengan penyampaian hasil penilaian usulan CSAN (Calon Sekolah Adiwiyata Nasional) dan CSAM (Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri) Tahun 2023.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga M Nurdin Luthofa mengatakan, lima tersebut yakni MI Istiqomah Sambas, SDN 2 Bukateja, SMPN 1 Bukateja, SMPN 1 Kaligondang dan SMPN 1 Karangreja.

“Usulan CSAP dari kami (DLH Kabupaten Purbalingga, red) pada tahun ini ada tujuh sekolah yang diusulkan. Ternyata yang lolos adiwiyata provinsi ada lima sekolah,” ujarnya.

BACA JUGA:Kejar Sertifikasi Bengkel Konversi Motor Listrik, Ini Upaya Dinperindag Purbalingga

Dia menjelaskan, pemberian penghargaan kelima sekolah yang memperoleh predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi, dilaksanakan pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023, di Taman Rakyat Slawi Ayu, Kabupaten Tegal, Selasa, 4 Juli 2023.

Dia menambahkan, usulan Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dasarnya adalah surat dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah tanggal 11 Mei 2023. Surat itu, diteruskan kepada Kepala Sekolah Adiwiyata Provinsi yang layak untuk maju menjadi CSAN.

Sementara itu Pejabat Fungsional DLH Andin Anggoro selaku Sekretaris Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten menjelaskan, seleksi CSAN dan CSAM tahun ini, dilaksanakan melalui aplikasi SIDIA.

Yakni aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: