Diguyur Hujan, Salat Idul Adha Pindah di Convention Hall Komplek Menara Pandang

Diguyur Hujan, Salat Idul Adha Pindah di Convention Hall Komplek Menara Pandang

Salat Idul Adha 1444 H dialihkan ke Convention Hall Komplek Menara Pandang, Kamis (29/6/2023).-MAHDI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO,ID - Salat Idul Adha 1444 H di PURWOKERTO digelar di Convention Hall Komplek Menara Pandang, Kamis (29/6/2023). Semula, direncanakan salat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Seribu Bulan yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. 

Dari pantauan Radarmas, di Masjid Seribu Bulan telah dipersiapkan baik sarana prasarananya seperti jalan untuk dilewati dan lainnya. 

Namun, hujan mengguyur Purwokerto hingga pagi hari, bahkan hingga selesai salat. Sedangkan di Masjid Seribu Bulan yang masih dalam tahap pembangunan, bangunan masih belum memiliki atap. Baru berdiri kerangka bangunan dan kerangka atapnya. Akhirnya lokasi salat dialihkan ke Convention Hall yang lokasinya tak jauh dari Masjid Seribu Bulan. 

BACA JUGA:Dindik Banyumas Siapkan 21 Operator di Posko Layanan PPDB

Ketua Panitia Hari Besar Islam Kabupaten Banyumas Ibnu Assadudin SAg MPd mengatakan, pada pelaksanaan salat di Convention Hall, tergambar toleransi keberagaman. 

"Pendukung penuh keamanan, pengatur sandal, penjemput tamu, pembuka pintu, berasal dari semua unsur agama. Ini menandakan Banyumas aman dan kondusif," kata dia. 

Sebagai informasi, lanjut dia, jumlah tempat penyelenggaraan salat Idul Adha di Kabupaten Banyumas sebanyak 1.750 masjid, 259 musala dan 453 tempat lain. 

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengucapkan banyak terimakasih atas terselenggaranya salat Idul Adha dengan baik. 

"Selain itu juga bagi yang telah menunaikan ibadah kurban semoga amal ibadah mendapat pahala yang berlipat ganda," kata dia. 

Bupati pun mengajak kepada seluruh jamaah untuk mendoakan saudara-saudara yang sedang menunaikan ibadah haji. "Semoga mereka dapat kembali dari tanah suci dalam keadaan sehat," imbuh dia. 

Ia menjelaskan, momentum Idul Adha selalu mengingatkan pada pengorbanan. Tanda keimanan dan keyakinan sudah melekat dalam jiwa. 

"Selain itu, momentum ini juga mengajarkan kita pentingnya berbagi. Semangat berbagi ini mudah-mudahan terus terpelihara. Setiap waktu menjadi sebuah kebiasaan," tuturnya. 

Pada akhir sambutannya, Husein menyampaikan jika Idul Adha tahun ini adalah momen terakhir dalam masa jabatannya dengan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono. 

"Bulan September nanti, kami akan usai menunaikan tugas Bupati dan Wabup. Untuk itu, pada kesempatan ini, saya ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Banyumas. Turut mendukung pada pembangunan daerah. Saya sampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya, apabila ada yang belum maksimal dalam kami menjalankan tugas ini," tandasnya. (mhd) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: