Masinis, Kondektur dan Teknisi Kereta Api Dites Urine

Masinis, Kondektur dan Teknisi Kereta Api Dites Urine

Pegawai PT KAI Daop 5 Purwokerto menjalani tes urine sebelum melaksanakan tugasnya, Senin (26/6/2023) sore.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sejumlah masinis, kondektur dan teknisi kereta api Daop 5 PURWOKERTO dites urine, Senin (26/6/2023) di Stasiun PURWOKERTO. Kegiatan ini bertepatan dengan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional. 

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro mengatakan, PT KAI Daop 5 Purwokerto mengutamakan keselamatan, wajib memastikan seluruh pegawai yang berdinas dalam kondisi prima, baik secara fisik maupun mental. 

"Untuk itu, disamping dengan rutin melakukan medical check up (MCU) setiap tahun namun juga dilakukan pemeriksaan bebas pemakaian narkoba," kata dia. 

BACA JUGA:Dindik Banyumas Siapkan 21 Operator di Posko Layanan PPDB

Dia menambahkan, tes narkoba jadi hal yang wajib dilakukan KAI Daop 5. Baik yang dilakukan rutin maupun yang berupa tes acak. 

"KAI Daop 5 Purwokerto bekerjasama dengan BNN Kabupaten Banyumas untuk memastikan seluruh pegawai khususnya para awak sarana perkeretaapian yaitu masinis terbebas dan terhindar dari narkoba," ujar dia. 

KAI Daop 5 telah melakukan tes secara random kepada 302 masinis Awak Sarana Perkeretaapian (ASP). Selama periode Januari hingga Juni 2023, Daop 5 telah melaksanakan pemeriksaan bebas pemakaian narkoba untuk wilayah Kutoarjo sebanyak 32 orang,  wilayah Kroya 31 orang dan sebanyak 39 orang untuk wilayah Purwokerto. 

BACA JUGA:Meski Belum Selesai, Salat Idul Adha Bakal Dilaksanakan di Masjid Seribu Bulan

"Hal ini bertepatan dengan masa angkutan liburan sekolah dan jelang Lebaran Idul Adha saat ini," tuturnya. 

Sementara itu Kepala BNNK Banyumas Moh Firza mengatakan, saat ini masih memproses hasil pemeriksaan urine tes kepada pegawai KAI. 

"Selain pemeriksaan urine juga akan memberikan edukasi kepada penumpang. Sebab, momentumnya tepat sekali dengan lonjakan penumpang. Kami yakinkan bahwa penumpang diberangkatkan oleh orang yg aman dari penyalahgunaan narkoba," kata dia. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: