Puncak Simulasi Pemilu 2024, Kades Banjarpanepen Mengaku Masyarakat Siap Berdemokrasi

Puncak Simulasi Pemilu 2024, Kades Banjarpanepen Mengaku Masyarakat Siap Berdemokrasi

Pemilih menggunakan hak suaranya dalam simulasi Pemilu 2024 lewat Pemilihan Ketua RW 4, Minggu (25/6) Desa Banjarpanepen-FIJRI/RADARMAS-

BANYUMAS-Puncak simulasi Pemilu 2024 lewat Pemilihan Ketua RW 4 Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh digelar, Minggu (25/6) di lapangan voli setempat.

Sebanyak 497 pemilih memberikan suaranya dalam pemungutan suara Pemilihan Ketua RW 4. Kepala Desa Banjarpanepen Mujiono mengapresiasi partisipasi masyarakat yang datang ke TPS untuk menyukseskan acara.

"Pemilihan Ketua RW 4 bentuk nyata demokrasi sebagai simulasi Pemilu 2024. Dengan demikian, masyarakat sudah siap berdemokrasi," ujar Mujiono.

Proses perhitungan suara empat calon Ketua RW 4 berlangsung meriah. Sebab, masing-masing calon di awal memperoleh suara imbang.

BACA JUGA: Ajang Gala Siswa Indonesia, Dinas Pendidikan Targetkan Wakil Banyumas Tembus Level Nasional

Lalu, calon nomor urut 3 Pardianto perolehan suara unggul dari tiga rivalnya. Namun, tidak disangka suara masing-masing calon terus bertambah. Hingga, calon nomor urut 1 tidak terlalu jauh tertinggal.

Di penghujung penghitungan suara, Pardianto melesat dan berhasil mengalahkan tiga calon lain dengan total perolehan 197 suara. Sementara itu, nomor urut empat Sarijan Andrianto mengantongi 131 suara. Lalu, nomor urut 2 Nuryanto mendapatkan 97 suara dan nomor urut 1 Diro meraih 67 suara.

Panitia mencatat total suara sah 492 dan suara tidak sah ada 5. Mujiono berpesan kepada calon yang belum terpilih untuk tidak berkecil hati. Sebab, dengan maju sebagai calon sudah menjadi bukti pengabdian ke masyarakat.

BACA JUGA: Totalitas Simulasi Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan Panitia dan Calon

"Ketua RW terpilih, koordinasi dan selalu kerja sama dengan Ketua RT, BPD dan perangkat desa untuk menyampaikan aspirasi maupun potensi wilayah sehingga dapat menggali pendapatan asli desa," papar Mujiono.

Terpisah, Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 4 Desa Banjarpanepen, Sugianto menuturkan sekitar 200an pemilih tidak hadir dalam pemungutan suara karena berada di perantauan. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: