Totalitas Simulasi Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan Panitia dan Calon

Totalitas Simulasi Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan Panitia dan Calon

Salah satu calon kampanye berkeliling wilayah RW 4 Desa Banjarpanepen menggunakan pikap, Kamis (22/6)-SARIJAN untuk RADARMAS-

BANYUMAS-Warga RW 4 Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh terniat melakukan simulasi Pemilu 2024 lewat Pemilihan Ketua RW.

Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto mengapresiasi dan mendukung semangat warga RW 4 Desa Banjarpanepen yang sedang simulasi Pemilu 2024 melalui Pemilihan Ketua RW.

"Ide bagus untuk simulasi Pemilu 2024 lewat pemilhan ketua RW," ujar Ahmad, Jum'at (23/6).

Panitia Pemilihan Ketua RW 4 beserta empat calon dan tim suksesnya totalitas melakukan simulasi Pemilu 2024. Panitia selalu sosialisasi lewat media sosial, group what'sapp dan pengurus karang taruna.

BACA JUGA: Bayi Baru Lahir Ditemukan di Depan Rumah Warga di Desa Bantar Banyumas

Sosialisasi antara lain melalui video berdurasi 1 menit 50 detik yang memperagakan detail tata cara pencoblosan surat suara. Dalam video, panitia juga mengajak warga yang memiliki hak pilih supaya datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan suaranya.

"Total warga yang mempunyai hak pilih di RW 4 adalah 725 pemilih dan ada sekitar 20% pemilih baru," terang Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 4 Desa Banjarpanepen, Sugianto.

Lewat Pemilihan Ketua RW 4 sebagai pengenalan pemilu bagi pemilih baru sekaligus pembelajaran tentang tata cara pencoblosan.

BACA JUGA: Rumah Kosong di Pliken Banyumas Nyaris Ludes Terbakar

Sementara itu, masa kampanye tiga hari dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh calon dan tim suksesnya. Calon Ketua RW 4 nomor urut 1 dan 4 bahkan konvoi keliling wilayah menggunakan pikap disertai iringan kendaraan roda dua di belakangnya.

Kendaraan dilengkapi atribut calon ketua RW sembari publikasi profil dan ajakan agar warga tidak lupa datang ke TPS di hari pemungutan suara.

"Publikasi bersama tim sukses keliling wilayah di hari terakhir masa kampanye," kata salah satu calon, Sarijan.

Calon Ketua RW juga memanfaatkan media sosial untuk kampanye. Video orasi calon nomor urut 2 misalnya menyuguhkan jargon dan diakhiri dengan mencoblos gambar. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: