Lagi, Petugas Damkar Berhasil Evakasi Ular Kobra yang Masuk Rumah Warga

Lagi, Petugas Damkar Berhasil Evakasi Ular Kobra yang Masuk Rumah Warga

Petugas Damkar tunjukan ular cobra jawa yang berhasil di evakuasi dari kamar tidur rumah warga Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu, Senin 19 Juni 2023.-Damkar Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Tugas dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) tidak lagi hanya memadamkan kebakaran. Belum lama ini, petugas Damkar kembali berhasil mengevakuasi ular kobra yang masuk rumah Ajat Darojat (45), warga Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu.

Ular tersebut masuk rumah Ajat sampai masuk ke kamar tidur, Senin (19/6) sekira pukul 20.00.

Khawatir membahayakan, pemilik rumah melapor ke petugas Damkar untuk meminta bantuan evakauasi terhadap ular tersebut.

BACA JUGA:Geger, Pemilik Toko di Purwokerto Ditemukan Meninggal di Dalam Toko

"Pos Damkar Majenang mendapat laporan adanya ular berbisa masuk kedalam pemukiman, kita segera kirimkan 2 orang petugas piket," kata Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi, Selasa (20/6).

Sebelum melakukan evakuasi, petugas melakukan observasi terlebih dahulu, dikarenakan jenis ular yang masuk ke dalam rumah sesuai ciri-ciri yang diberitahukan pemilik rumah adalah ular kobra.

"Setelah dilakukan pengamatan, ternyata benar, ular berbisa jenis kobra jawa bersembunyi dibawah lemari kamar tidur, lalu segera dilakukan evakuasi, dan setelah 10 menit ular berhasil diamankan," lanjutnya.

BACA JUGA:Industri Perhotelan Cilacap Kecipratan Untung dari Event Internasional

Kemudian, ular berbisa tersebut akan dilepas liarkan di habitatnya. Setelah proses pengamanan selesai, petugas menyosialisasikan aplikasi Satkartaru SIAP serta nomor Pos Damkar sebegai prosedur tetap.

"Kita jelaskan cara-cara pelaporan melalui aplikasi, sehingga akan mempermudah masyarakat," tuturnya.

Supriyadi menghimbau kepada masyarakat ketika menemui hal-hal semacam itu, agar melapor ke Petugas Damkar. Saat ini kemampuan petugas tidak hanya soal memadamkan api akan tetapi dibekali kemampuan untuk penanganan hewan buas dan lain-lain.

BACA JUGA:Kreatif, Sutrisno Inovasi Kerupuk Buah Naga

"Jangan berusaha melakukan penagangan sendiri jika tidak tau tekniknya apalagi jika menghadapi binatang buas atau berbisa, laporkan kepada kami, kami siap merespon 1 x 24 jam," tegasnya.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: