35 Hektare Sawah dapat Bantuan Benih Kedelai

35 Hektare Sawah dapat Bantuan Benih Kedelai

Mantri Tani BPP Kecamatan Tambak memantau pendistribusian benih kedelai bantuan ke kelompok tani di Desa Buniayu, Senin (19/6)-FIJRI/RADARMAS-

BANYUMAS-Areal persawahan seluas 35 hektare di Desa Buniayu Kecamatan Tambak memperoleh bantuan benih kedelai. Ada dua kelompok tani yang menggarap.

Mantri Tani Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tambak Titik Wijayati merinci Kelompok Tani Eko Saroyo menerima bantuan benih kedelai sebanyak 1.250 kilogram untuk 25 hektare.

Satu kelompok tani lainnya yaitu Rukun Jaya memperoleh bantuan benih kedelai 500 kilogram untuk 10 hektare sawah. Benih kedelai bantuan varietas grobogan.

"Tidak hanya benih kedelai, bantuan juga berupa NPK, pupuk hayati dan pestisida," terang Titik, Selasa (20/6).

BACA JUGA:Warga Desa Kemangkon Tolak Penambangan Galian C, Alat Berat Dikeluarkan dari Lokasi

Namun, paket pupuk dan pestisida tersebut belum datang ke kelompok tani. Petani supaya menunggu.

Kelompok tani di Desa Buniayu menggarap sawah untuk palawija di musim tanam ketiga, kemarau. Sehingga, bukan baru pertama kali ini digelontor bantuan benih kedelai.

Dinas memprioritaskan Desa Buniayu sebagai penerima bantuan benih kedelai. Diantaranya pertimbangan sudah terbiasa tanam kedelai di musim kemarau.

"Program kedelai harus dilaksanakan. Benih ditanam, dipupuk, disiangi rumputnya, dialiri air dan dirawat agar hasilnya maksimal," pesan Titik untuk petani. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: