Bupati Pesankan Empat Hal Untuk Kades PAW Pancasan

Bupati Pesankan Empat Hal Untuk Kades PAW Pancasan

Penyerahan surat keputusan sebagai kepala desa oleh Bupati Banyumas saat pelantikan kepala desa antar waktu Pancasan, Senin (19/6).-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

BANYUMAS - Pelantikan Kepala Desa Pancasan hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW) oleh Bupati dilangsungkan Senin ini (19/6) di Pendopo Si Panji.

Dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Bupati Banyumas berpesan empat hal pada Kepala Desa Pancasan, Sukirno. Yang paling utama agar kepala desa dapat memastikan tidak ada warganya yang sampai kelaparan dan terlantar.

Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein dalam sambutannya saat pelatikan Kepala Desa PAW Pancasan mengatakan kepala desa dengan kuasa dan akses yang dimilikinya tidak bisa membiarkan kondisi jika masih ada warganya yang kelaparan.

Selain itu kepala desa juga harus dapat memastikan tidak ada warganya yang terlantar dalam keadaan sakit dan membutuhkan bantuan.

BACA JUGA: Pembangunan SMK Negeri Lumbir Berlanjut Tahap Dua

"Kepala desa dengan kuasa dan akses yang dimilikinya wajib membantu warganya yang membutuhkan bantuan," katanya.

Pesan yang kedua, seorang kepala desa harus dapat merangkul semua lapisan masyarakat. Tidak hanya kelompok masyarakat yang baik-baik saja, namun kelompok dibawahnya juga harus dirangkul sesuai porsinya.

Hal ini bertujuan agar dalam menjalankan kebijakannya tidak ada hambatan atau yang mungkin ingin menjegal.

"Semua lapisan dan kelompok masyarakat dirangkul. Anggap semua seperti saudara," ingat Husein.

BACA JUGA: Emak-Emak Diduga Ambil Dompet yang Ketinggalan di Depan Apotik Ajibarang Banyumas

Adapun hal ketiga yang tidak kalah penting dipesankannya, kepala desa agar tidak menerima "fee" dari pelaksana proyek pembangunan di desa seperti bantuan keuangan dan sebagainya.

Kepala desa selayaknya bersikap bersih tegak lurus sesuai aturan agar tidak ikut terseret saat ada persoalan terkait proyek di desanya.

"Terakhir kepala desa harus mau dan terus mau belajar ilmu pemerintahan, ilmu hukum dan yang lainnya. Jangan malu untuk bertanya karena merasa sudah banyak tahu," pungkas Bupati. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: